Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kemenhub: Tiket Mudik Gratis Kecil Potensinya Diperjualbelikan

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melihat ada kemungkinan tiket mudik gratis dari Kemenhub diperjualbelikan oleh masyarakat.

Namun, Direktur Angkutan Jalan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Suharto mengatakan, sejak diterapkannya sistem pendaftaran mudik gratis saat ini, kemungkinan diperjualbelikan sangat kecil.

"Kalau akan diperjualbelikan ya kemungkinan kita ada tapi kecil. Mungkin jual-beli dengan tetangga atau saudara misalnya," ujarnya saat media briefing Mudik Gratis 2023 di Gedung Kemenhub, Jakarta, Jumat (24/3/2023).

Dia menjelaskan, Kemenhub telah mengantisipasi kemungkinan tiket mudik gratis dijual kembali dengan menerapkan sistem pendaftaram melalui aplikasi MitraDarat dan Nomor Induk Kependudukan (NIK).

Aplikasi MitraDarat memang baru dibuat dan digunakan pada pelaksanaan mudik gratis 2023. Untuk mudik gratis tahun-tahun sebelumnya, Kemenhub membuka pendaftaran melalui website dan secara langsung.

"Terkait dengan masalah antisipasi, kami semuanya menggunakan aplikasi yang namanya MitraDarat. Dalam MitraDarat ini memang ada keunggulan dibandingkan dengan tahun lalu," ucapnya.

Dengan sistem baru ini, Kemenhub membatasi satu NIK hanya bisa mendaftarkan mudik gratis untuk maksimal 4 orang. Selain itu, sistem ini juga dapat mencegah satu orang mendaftar dua kali.

Sementara bagi anak-anak yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), maka dapat mendaftarkan diri melalui orang tuanya dengan menggunakan Kartu Keluarga (KK).

"Setiap orang (satu NIK) maksimal hanya bisa mendaftarkan 4 orang," kata dia.

Kemudian, pada mudik gratis 2023 Kemenhub juga menerapkan aturan validasi ulang bagi masyarakat yang sudah berhasil mendaftar mudik gratis.

Selain untuk menyeleksi pendaftar yang serius dan hanya coba-coba, proses validasi ulang ini juga bertujuan untuk menyocokkan data pendaftar.

"Sampai dengan H-7 kita lakukan verifikasi benar gak ini yang mendaftar sama dengan yang terdaftar di awal," tuturnya.

https://money.kompas.com/read/2023/03/25/151000126/kemenhub--tiket-mudik-gratis-kecil-potensinya-diperjualbelikan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke