Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bandara VIP di IKN Mulai Dibangun Mei atau Juni 2023

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah akan membangun bandara VIP di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada Mei atau Juni mendatang.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pembangunan bandara yang terletak sekitar 15-10 kilometer dari IKN ini sudah dilaporkan kepada Presiden Joko Widodo.

Saat ini Kementerian Perhubungan bersama Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah melakukan pembahasan dan akan mencari kontraktor utnuk membangun bandara VIP di IKN.

"Saya sudah melapor juga bapak Presiden tentang bahwa bandara VIP di IKN itu akan kita bangun. Insya Allah pada bulan Mei atau Juni sudah bisa efektif," ujarnya dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (25/3/2023).

Pembangunan bandara VIP dan berbagai infrastruktur di IKN lainnya tentu akan membutuhkan dana yang cukup besar.

Oleh karena itu, pemerintah telah beberapa kali melakukan penjajakan dengan investor luar negeri seperti India, Arab Saudi, Korea Selatan, dan Jepang.

Dia mengungkapkan, investor-investor asing ini sangat berminat tapi masih belum dapat merealisasikan investasinya lantaran perlu melakukan penilaian investasi terhadap proyek-proyek di IKN.

"Bandara juga sebenernya bisa saja kita awal melakukan investasi, setelah itu investor itu masuk di dalamnya berapa persen seperti di Kualanamu," ucapnya.

Sebagai informasi, pembangunan bandara VIP di IKN tersebut akan mempertimbangkan aspek keamanan, sehingga letaknya pun di luar kawasan inti IKN.

Bandara tersebut nantinya terintegrasi dengan moda transportasi modern yang dikhususkan untuk tamu VIP termasuk keperluan militer.

https://money.kompas.com/read/2023/03/25/194000826/bandara-vip-di-ikn-mulai-dibangun-mei-atau-juni-2023

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke