Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Imbas Gaya Hidup Mewah Istri, Pegawai Kemenhub Dinonaktifkan

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, keputusan ini diambil setelah tadi malam (26/3/2023) Kemenhub meminta keterangan pegawai tersebut terkait unggahan yang viral.

"Saudara Muhammad Rizky Alamsyah saat ini telah dinonaktifkan sementara dari jabatannya, untuk memudahkan dilakukan pemeriksaan lanjutan," ujarnya dalam keterangan tertulis, Senin (27/3/2023).

Adita menjelaskan, penonaktifan sementara ini dilakukan sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

Selanjutnya, Kemenhub akan segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh tim internal yang terdiri dari unsur atasan, unsur pengawasan dan unsur kepegawaian.

Dia menegaskan, apabila terbukti adanya pelanggaran disiplin, Kemenhub akan meberikan sanksi kepada pegawai tersebut sesuai ketentuan yang berlaku.

"Kementerian Perhubungan memohon maaf atas ketidaknyamanan yang timbul akibat permasalahan ini. Kami terus berkomitmen untuk menerapkan nilai-nilai integritas dan pola hidup sederhana," ucap Adita.

Sebagai informasi, akun Twitter @PartaiSocmed mengunggah sebuah foto yang diklaim merupakan istri dari pegawai Pembuat Komitmen Kemenhub Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

Dalam unggahan foto-foto itu, terlihat seorang perempuan sedang berada di pesawat dan mobil mewah. Beberapa foto di antaranya juga menampilkan perempuan itu sedang ada di luar negeri.

"Beliau ini adalah isteri dari Muhammad Rizky Alamsyah pejabat Pembuat Komitmen Kemenhub Ditjen Hubla. Bendahara pencairan termin seluruh vendor pembangunan kapal2 Sabuk Nusantara untuk program tol laut," tulis pemilik akun @PartaiSocmed pada Sabtu (25/3/2023).

Akun yang sama juga menggunggah LHKPN milik suami dari wanita tersebut yang merupakan pegawai Ditjen Hubla Kemenhub. Dari situ diketahui harta kekayaan Rizki sebesar Rp 1,48 miliar.

"Mobilnya cuma Freed dan Vario, namun mobil Pajero dan BMW yg dipakainya sehari2 sepertinya tidak dilaporkan. Entah harta lainnya," tulis akun yang sama.

"Dengan harta cuma segitu tentulah isterinya pandai mengelola uang untuk sering jalan2 ke luar negeri," tambahnya.

https://money.kompas.com/read/2023/03/27/124813026/imbas-gaya-hidup-mewah-istri-pegawai-kemenhub-dinonaktifkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke