Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bank di AS Banyak Kolaps, Bank di Kawasan ASEAN Bahas Mitigasi

ASEAN Finance Ministers and Central Bank Governers (AFMGM) akan berlangsung selama 28-31 Maret 2023.

Dody mengatakan, dalam pertemuan tersebut akan dibahas mengenai dampak dan mitigasi dari kolapsnya bank di Amerika Serikat terhadap bank di kawasan ASEAN.

"Kita melihat spill over (dampak) ke kawasan. Bicara itu (kolapsnya bank di Amerika Serikat) dampak tidak langsung terhadap kawasan, dan kawasan punya kepentingan yang sama yaitu menjaga resiliensi sistem keuangan," kata Dody dalam media briefing ASEAN Summit di Kawasan Nusa Dua, Bali, Senin (27/3/2023).

Dody mengatakan, para pemangku kepentingan di sektor keuangan akan membahas dampak permasalahan perbankan di Amerika Serikat mulai dari sisi makro, nilai tukar, likuiditas, dan permodalan.

"Jadi dilihat di makronya akan terkena ke likuiditas, nilai tukar-nya, kepada likuiditas-nya pun dan sektor keuangan kemanannya. Ini bagian diskusi terhadap global ekonomi di ASEAN," ujarnya.

"Yang memang menjadi sulit adalah bagaimana impact kalau masuk ke Startup atau e-commerce, platform, yang punya reference secara tidak langsung ke bank tadi atau bank di mana pun," ucap dia.

https://money.kompas.com/read/2023/03/27/223002426/bank-di-as-banyak-kolaps-bank-di-kawasan-asean-bahas-mitigasi

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke