Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Alibaba Bakal Pecah Jadi 6 Unit Bisnis

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan e-commerce Alibaba berencana untuk membagi bisnisnya menjadi enam unit terpisah.

Nantinya, setiap unit perusahaan yang didirikan Jack Ma tersebut akan diawasi oleh kepala eksekutif dan dewan direksi sendiri.

Lima dari grup bisnis baru tersebut juga memiliki fleksibilitas untuk mengumpulkan modal dari luar dan berpotensi untuk melakukan initial public offering (IPO) sendiri.

Restrukturisasi besar-besaran ini terjadi satu hari setelah Jack Ma menunjukkan dirinya ke hadapan publik China.

Restrukturisasi ini juga dilakukan ketika Beijing telah mengisyaratkan tekanan peraturan terhadap industri internet mungkin akan berakhir.

Pada hari Senin lalu, Jack Ma terlihat bertemu dengan pada siswa dan guru di Sekolah Yungu yang didanai Alibaba di Hangzhou.

Sebagai catatan, Jack Ma telah mengundurkan diri dari CEO Alibaba pada tahun 2013 dan pensiun dari jabatannya sebagai ketua eksekutif pada 2019.

Di sisi lain, perombakan pada Alibaba ini tampaknya mirip dengan apa yang dilakukan perusahaan teknologi Amerika Serikat seperti Google yang direstrukturisasi menjadi Alphabet.

CEO dan Chairman Alibaba Group Daniel Zhang mengatakan, tujuan dari perombakan ini adalah membangun perusahaan yang lebih gesit dan pada akhirnya dapat membuka lebih banyak kesempatan untuk investor.

“Transformasi ini akan memberdayakan semua bisnis kami untuk menjadi lebih gesit, meningkatkan pengambilan keputusan, dan memungkinkan respons yang lebih cepat terhadap perubahan pasar,” ujar dia, dikutip dari CNN, Rabu (29/3/2023).

Sebagai informasi, enam unit bisnis yang baru dibentuk adalah Cloud Intelligence Group, Taobao Tmall Commerce Group, Local Services Group, Cainiao Smart Logistics, Global Digital Commerce Group, dan Digital Media and Entertainment Group.

Pascapengumuman ini, saham Alibaba yang terdaftar di Amerika Serikat tumbuh lebih dari 10 persen.

https://money.kompas.com/read/2023/03/29/154000726/alibaba-bakal-pecah-jadi-6-unit-bisnis

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke