Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Potensi Peningkatan Okupansi hingga 40 Persen, PHRI Sayangkan Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Sekretaris Jenderal PHRI Maulana Yusran menyebut, ada potensi peningkatan okupansi sebesar 30-40 persen dari penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia.

"Yang namanya perhelatan bola itu kan akan datang dari panitia, tim beserta suportingnya, dan penonton. Nah potensi akan terjadinya pertumbuhan okupansi pada saat pelaksanaan kegiatan itu kan pasti akan terjadi. Dengan dibatalkannya, tentu pasti akan ada dampak dari hilangnya potensi tersebut," ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (30/3/2023).

"(Potensi kenaikan okupansi) cukup besar. Tergantung dia diadakannya di mana karena jumlah crowd-nya kan juga cukup besar ya. Sekitar 30-40 persen dari regular lah," ungkap Maulana.

Kendati demikian, dia belum dapat memastikan nilai kerugian dari pembatalan pergelaran olahraga dunia ini lantaran masih belum mendapatkan data pembatalan reservasi dari hotel-hotel yang terhimpun dalam PHRI.

"Kerugian yang paling awal yang bisa dilihat itu sekarang ini adalah potensi (kenaikan okupansi) itu akan hilang yang sebenarnya sudah ditunggu. Tapi berapa besar nilainya, kami belum dapat laporan akan hal itu karena kan ini baru terjadi," ucapnya.

Hal yang sama diungkapkan Wakil Ketua Umum PHRI Iswandi Said yang menyebut pembatalan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia ini belum berdampak ke sektor perhotelan dan restoran.

"Sejauh ini belum ada pembukuan yang signifikan dari event tersebut. Dengan pembatalan event belum berdampak," ucap Iswandi kepada Kompas.com, Kamis.

Pasalnya, dari pihak hotel sendiri masih belum mendapatkan reservasi dari penyelenggaraan acara tersebut yang rencananya akan diselenggarakan pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023.

"Biasanya bookingan dibuat setelah event confirmed diselenggarakan," tuturnya.

Sebagai informasi, Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA resmi membatalkan penyelenggaraan Piala Dunia U-20 di Indonesia pada Rabu (29/3/2023).

Indonesia batal jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 setelah Presiden FIFA Gianni Infantino bertemu dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

"Menyusul pertemuan hari ini antara Presiden Gianni Infantino dan Presiden Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir, FIFA memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk menghapus Indonesia sebagai tuan rumah," tulis FIFA.

https://money.kompas.com/read/2023/03/30/135359326/potensi-peningkatan-okupansi-hingga-40-persen-phri-sayangkan-indonesia-batal

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke