Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sri Mulyani Ungkap Alasan Lembaga Keuangan Enggan Danai Pensiun Dini PLTU

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengatakan, program pensiun dini PLTU merupakan bagian dari implementasi transisi energi Indonesia. Salah satu masalah yang diidentifikasi dalam merealisasikan program tersebut ialah terkait pembiayaan.

"Sebagaimana kita tahu, bagian paling sulit ialah mem-pensiunkan batu bara membutuhkan pembiayaan," kata Sri Mulyani, dalam "Konferensi Pers: Financing Transition ASEAN", Kamis (30/3/2023).

Akan tetapi, bendahara negara mengakui, program yang akan mengkonversi bahan bakar PLTU dari batu bara menjadi energi baru terbarukan itu masih sepi peminat.

Investor atau lembaga keuangan cenderung memilih program yang berkaitan dengan pengembangan energi baru dan terbarukan. 

"Banyak lembaga keuangan biasanya memperlakukan pembiayaan batu bara ini sebagai dirty financing, sehingga mereka tidak bersedia untuk membiayai itu," ujarnya.

"Kini kami bekerja lebih detail dalam dasar yang bisa diterima seluruh pemangku kepentingan yang berkaitan dalam ekosistem ini," ucap Sri Mulyani.

Sebagai informasi, program pensiun dini PLTU berbasis batu bara telah diumumkan pemerintah sejak pegelaran G20 tahun lalu. Adapun berdasarkan data Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas), program pensiun dini PLTU batu bara membutuhkan dana sebesar 400 juta hingga 500 juta dollar AS per gigawatt power.

https://money.kompas.com/read/2023/03/30/140000826/sri-mulyani-ungkap-alasan-lembaga-keuangan-enggan-danai-pensiun-dini-pltu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke