Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kehabisan Tiket Kereta Api? Coba Fitur Ini

Fitur connecting train telah tersedia di aplikasi Access by KAI, yang membantu calon penumpang tetap bisa samai ke kota tujuan dengan tiket persambungan.

Seperti diketahui, saat momen tertentu atau high season seperti Lebaran, Natal, tahun baru, dan libur panjang, biasanya penumpang kereta mengalami lonjakan yang membuat tiket ludes terjual.

Lebih lanjut, apa itu connecting train dan bagaimana cara menggunakannya?

Apa itu connecting train?

Connecting train adalah salah satu fitur di aplikasi Access by KAI, yang membantu memberikan alternatif perjalanan dengan mengombinasikan jadwal kereta yang bersifat persambungan.

Fitur ini bisa dimanfaatkan oleh calon penumpang yang mencari kereta bila relasi perjalanan yang diinginkan tidak memiliki akses kereta langsung atau tiket kereta langsung untuk realsi yang diinginkan sudah habis terjual.

Selain itu, fitur connecting train juga bisa dipakai untuk mencari kereta jika jadwal yang tersedia untuk kereta langsung tak sesuai dengan yang diinginkan.

Adapun langkah-langkah atau tata cacra menggunakan fitur connecting train sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Access by KAI, login menggunakan akun yang sudah terdaftar
  • Pada halaman utama, pilih menu Antar Kota
  • Masukkan stasiun keberangkatan, stasiun tujuan, tanggal, dan jumlah penumpang
  • Klik tombol Cari Tiket Antar Kota
  • Apabila tiket yang dicari sudah tidak tersedia, akan muncul tombol Connecting Train dan klik tombol tersebut.

Nantinya, sistem akan mencarikan tiket kereta api yang masih tersedia ke kota tujuan yang dimaksud dengan kereta persambungan.

Sebagai contoh, calon penumpang dari Jakarta yang akan menuju ke Solo kehabisan tiket langsung dari stasiun di Jakarta menuju Solo.

Penumpang tersebut bisa menjajal alternatif dengan membeli tiket kereta dari Jakarta ke Semarang, dilanjutkan Semarang ke Solo.

Demikian informasi mengenai apa itu fitur connecting train dan cara menggunakan fitur ini. Agar tak kehabisan tiket kereta, Anda dapat merencanakan dan mencari tiket jauh-jauh hari.

https://money.kompas.com/read/2024/03/28/201500926/kehabisan-tiket-kereta-api-coba-fitur-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke