Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Prabowo Pede Pertumbuhan Ekonomi Capai 8 Persen, ADB: Berat...

Meskipun demikian, lembaga keuangan internasional Bank Pembangunan Asia (ADB) menilai, target yang dipatok oleh Prabowo akan berat untuk direalisasikan, khususnya melihat kondisi perekonomian global yang tidak pasti.

"Kalau lihat kondisi seperti sekarang berat (pertumbuhan ekonomi 8 persen)," ujar Ekonom Utama ADB Indonesia, Arief Ramayandi, ditemui di Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, ADB memprediksi, pertumbuhan ekonomi Indonesia akan relatif stagnan pada kisaran 5 persen untuk tahun ini dan tahun depan.

Dari dalam negeri, ADB melihat, sumber pertumbuhan ekonomi yang berasal dari perdagangan internasional sebenarnya berpotensi kembali memainkan peran penting, setelah selama beberapa tahun terakhir tertekan akibat ketidakpastian global.

Meskipun demikian, proyeksi itu masih dihadapi oleh risiko eksternal berupa permintaan global yang tidak menentu, sehingga pada akhirnya kembali menekan ekspor.

"Pertumbuhan ekonomi Indonesia yang selama ini atau beberapa tahun terakhir ini ditopang oleh permintaan domestik mulai bisa didukung permintaan ekspor," tutur Arief.

Lebih lanjut Arief bilang, sebenarnya angka pertumbuhan ekonomi masih bisa didongkrak apabila dilakukan sejumlah "terobosan" terkait peningkatan produktivitas sumber daya manusia (SDM).

ADB mencatat, salah satu tantangan utama jangka menengah dan panjang yang bakal dihadapi Indonesia untuk mendongkrak produk domestik bruto (PDB) ialah produktivitas SDM, yang sampai saat ini dinilai belum kompetitif.

"Dan komposisi tenaga kerja yang didominasi berpendidikan relatif rendah, sehingga skills enggak terlalu tinggi," ucapnya.

Sebelumnya, Presiden terpilih Prabowo Subianto meyakini bisa meraih pertumbuhan ekonomi sampai 8 persen pada usia 2 sampai 3 tahun pemerintahannya kelak.

"Saya sangat yakin. Saya sudah dialog dengan para pakar. Saya mempelajari angka-angkanya. Saya sangat yakin kami akan dengan sangat mudah meraih pertumbuhan ekonomi sebesar 8 persen, dan saya akan berusaha keras melampauinya," kata Prabowo dalam dialog di ajang Forum Ekonomi Qatar di Doha, Qatar, seperti dikutip dari kanal YouTube, Kamis (16/5/2024).

"Saya memperkirakan itu terjadi dalam 2 sampai 3 tahun," sambung Prabowo.

Prabowo mengatakan, fokus pertamanya dalam pemerintahannya kelak adalah soal ketersediaan bahan pangan buat masyarakat.

Setelah itu, kata Prabowo, pemerintah akan fokus kepada ketahanan dan swasembada energi.

"Dan kami berusaha menurunkan tingkat kemiskinan secara besar-besaran," kata Prabowo.

Prabowo juga mengatakan, pemerintahannya kelak akan berupaya memecahkan masalah kelaparan di kalangan anak-anak.

"Dan terakhir kami harus berkonsentrasi mengolah sumber daya alam kami. Kami harus melakukan upaya besar-besaran untuk melakukan hilirisasi, dan juga industrialisasi," ucap Prabowo.

https://money.kompas.com/read/2024/05/16/191000426/prabowo-pede-pertumbuhan-ekonomi-capai-8-persen-adb--berat-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke