Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Helikopter Superpuma Gantikan Twinpack

Kompas.com - 08/01/2008, 12:40 WIB

JAKARTA, KCM -  Helikopter Superpuma yang didatangkan dari PT Dirgantara Indonesia telah dipilih untuk menggantikan helikopter Twinpack milik Skuadron Udara 6 Atang Sanjaya, Bogor yang usianya sudah cukup tua.

Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Madya TNI Subandrio mengatakan, TNI AU akan mengganti semua heli Twinpack dengan 12 heli Superpuma baru. "Sebagian sudah kita ganti Superpuma. Kita beli dari PTDI. Sudah tujuh yang masuk. Dua di antaranya VIP," ujarnya usai menghadiri serah terima Panglima TNI di Mabes TNI Cilangkap, Selasa (8/1).

Dari tiga heli Twinpack yang masih tersisa, satu di antaranya mengalami kecelakan di Pekanbaru Riau Senin (7/1). Menyusul peristiwa tersebut, Subandrio mengeluarkan larangan terbang bagi heli Twinpack yang masih tersisa.

Heli Twinpack sendiri saat ini sudah tidak lagi mendapat dana operasional. "Twinpack sudah tidak kita danai lagi. Begitu speknya habis, otomatis kita tidak pakai lagi," kata Subandrio.

Subandrio belum bisa memastikan kapan proyek untuk melengkapi Skuadron Udara 6 dengan 12 heli Superpuma akan selesai. Ia menegaskan proyek ini dilaksanakan secara bertahap tiap tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com