Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minyak Bisa di Bawah 90 Dollar AS

Kompas.com - 10/01/2008, 23:53 WIB

NEW YORK, KAMIS - Kekhawatiran akan pelambatan ekonomi Amerika Serikat (AS), diperkirakan bisa membuat harga minyak mentah di bawah level 90 dollar AS per barRel. Harga minyak mentah perdagangan Kamis (10/1) , di New York Mercantile Exchange, turun,  seiring dengan perkiraan para dealer bahwa pelambatan ekonomi Amerika Serikat (AS) nyata dan semakin dekat sehingga akan menekan permintaan.

Pelambatan ekonomi negara adidaya itu tergambar dari laporan jumlah pengangguran di AS yang meningkat dan penjualan retail-retail besar yang lesu saat liburan lalu ditambah lagi dengan prediksi Goldman Sachs, yang menyebutkan tahun ini akan terjadi resesi ekonomi di AS.

Menurut Energy Information Administration, permintaan produk minyak mentah dan minyak bumi minggu lalu kembali turun, kondisi itu sudah terjadi dalam tiga pekan. "Tanpa permintaan AS dan tanpa pertumbuhan ekonomi yang kuat, minyak mentah tidak akan bertahan di level 90 dollar AS," ujar Presiden Liberty Trading Group di Tampa,Florida, James Cordier.

Minyak mentah jenis light sweet untuk pengiriman Februari anjlok 1,52 dollar AS menjadi 94,15 dollar AS per barrel. Setelah pada awal perdagangan sempat jatuh ke 93,30 dollar AS per barrel. Sementara di London, minyak jenis Brent untuk pengiriman Februari, jatuh 1,36 dollar AS ke 93,01 dollar AS per barrel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com