Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bush Yakin Paket Ekonominya Segera Disetujui

Kompas.com - 23/01/2008, 04:46 WIB

WASHINGTON, RABU - Presiden Amerika Serikat George W. Bush optimis paket stimulus ekonomi yang diajukannya untuk meredakan keguncangan pasar keuangan dunia akan segera disetujui. Bush dan parlemen dari partai Demokrat, yang menguasai suara di Konggres AS, telah menyatakan akan segera bertindak cepat untuk meredam kekhawatiran pasar keuangan global terhadap ancaman resesi di AS

"Setiap orang menginginkan segera dicapainya suatu solusi, tetapi AS ingin memastikan solusi itu dicapai dengan tepat dan  realistis berdasarkan waktunya," tutur Bush saat bertemu dengan para pemimpin Konggres di Washington. Menurut Bush, badan legislatif AS tidak dapat mengambil keputusan secara cepat dan tepat. "Kami ingin memastikan bahwa kami realistis terhadap tempo waktu yang diberikan sehingga apabila Konggres mengeluarkan keputusan, keputusan itu dikeluarkan secara efektif berdasarkan kemampuan Konggres.

Presiden Bush pekan lalu mengajukan rancangan stimulus yang berkisar hingga 1 persen dari Produk Domestik Bruto AS atau sekitar 140-150 miliar dolar. Para pemimpin Konggres dari partai Demokrat menyampaikan keinginan untuk segera bertindak merespon pengajuan paket ekonomi Presiden Bush ini. Namun, pemerintah AS dan Konggres nampaknya akan menemui perbedaan pendapat terhadap bentuk paket ekonomi yang akan diambil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com