Menkeu: Pergerakan Indeks Pengaruhi Proyeksi Ekonomi

Kompas.com - 23/01/2008, 21:13 WIB
Editor

JAKARTA, RABU - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui, ancaman dari resesi global akibat menurunnya  pergerakan indeks di bursa saham dunia sangat mungkin memengaruhi proyeksi perekonomian Indonesia. Maka, pemerintah dan Bank Indonesia harus meresponnya dengan cara menyesuaikan kebijakan fiskal dan moneternya.

”Bagaimana pengaruh ekonomi global itu pertama kali pada perekonomian secara langsung pada neraca pembayaran, ekspor dan impor komoditas, serta bagaimana memengaruhi pasar saham dan pasar uang. Kita tidak boleh atau tidak melakukan respon yang sifatnya spontanitas,” ujar Sri Mulyani menjawab pers, seusai mengikuti rapat terbatas yang dipimpin Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Kantor Presiden, Kompleks Istana, Jakarta, Rabu (23/1).

Menurut Sri Mulyani, kebijakan yang harus dilakukan pemerintah adalah melihat performa industri, perusahaan dan sektor-sektor ekonomi.

”Dari analisis industri, sektor dan perusahaan, kita akan melihat formulasi kebijakan yang dianggap paling tepat. Kalau yang sudah kita identifikasi, kebijakan itu di antaranya kebijakan fiskal, penurunan bea masuk dan pemberian subsidi serta menciptakan insentif,” tambah Sri Mulyani.

”Itu supaya perusahaan, industri dan sektor tidak terpengaruh dan terbebani begitu besar. Kebijakan fiskal lainnya adalah menjaga daya beli masyarakat dengan cara melakukan stabilisasi, terutama pada komiditas,” papar Sri Mulyani.

Lebih jauh Sri Mulyani mengatakan, BI selanjutnya akan memformulasikan kebijakan moneternya. ”Yang penting bagi kita adalah menjaga stabilitas. Kalau untuk moneter, terutama agar inflasi bergerak pada target yang ditetapkan. Jangan sampai inflasi meningkat lagi. Jadi, inflasi akan terus kita monitor, karena kisarannya, yaitu 5 plus minus satu. Di sini BI harus memformulasikan kebijakannya,” demikian Sri Mulyani. (har)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.