Perbankan AS Dibidik China

Kompas.com - 25/01/2008, 13:42 WIB
Editor

BEIJING,JUMAT - ICBC (Industrial and Commercial Bank of China), Bank China yang telah menjadi headlines karena aksinya melakukan serangkain akuisisi di luar negeri, sedang membidik lebih banyak bank asing, termasuk bank-bank AS yang bermasalah.


Menurut media Pemerintah, China Daily, Jumat (25/1), Kreditor terbesar di China ini, mendapatkan 21,9 miliar dollar AS dari pencatatan ganda (dual listing) di bursa Shanghai dan Hong Kong pada 2006, sehingga dapat melakukan akuisisi beberapa kali tahun ini. "Itu memungkinkan ICBC melakukan akuisisi lain pada 2008," kata eksekutif ICBC, Pan Gongsheng,yang ditugaskan menangani bisnis merger dan akuisisi.
    
Intuisi-intusi keuangan di AS yang goyah karena dipicu krisis perumahan (subprime mortgage), termasuk dalam daftar belanja ICBC. "Jika hal itu memfasilitasi strategi pengembangan kami," kata Pan.
    
Menurutnya strategi utama ICBC adalah merambah usaha di Asia, konsolidasi di Eropa dan membuat terobosan di Amerika Latin. Oktober 2007 lalu, ICBC mencapai kesepakatan akuisisi terbesar oleh perusahaan China di bidang usaha keuangan dengan membeli 20 persen saham Standard Bank, Afrika Selatan senilai 5,5 miliar dollar AS.

Di Indonesia, ICBC mengakuisisi saham pengendali Bank Halim pada Desember 2006. (AFP)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.