Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abdul Wahab Dalimunthe Andalkan Keteladanan

Kompas.com - 03/04/2008, 15:47 WIB

CALON gubernur Abdul Wahab Dalimunthe mengatakan,  gubernur merupakan posisi strategis untuk membenahi birokrasi di Sumatera Utara. Di hadapan sekitar 1.000 pendukung di Balai Pertemuan Hermina, Belawan, Medan, Rabu (2/4), ia berjanji menjadikan keteladanan sebagai modal memimpin Sumatera Utara.

”Kalau tidak dimulai dari pejabat atas, anak buah tidak akan ikut. Karena itu, tidak bisa tidak, harus ada keteladanan pemimpin,” kata Wahab tanpa didampingi Muhammad Syafii, pasangan calon wakil gubernur.

Keteladanan pemimpin, menurut Wahab, merupakan kunci mengatur Sumatera Utara (Sumut) menuju arah yang lebih baik. Keteladanan yang ditawarkan Wahab berupa tidak adanya niat untuk mencari-cari kekuasaan, harta, dan perempuan.

Mantan Wali Kota Medan Bachtiar Djafar, yang hadir dalam kampanye pertama Wahab di Kota Medan, mendukung Wahab yang mengedepankan keteladanan dalam memimpin Sumut kelak.

”Pak Wahab berani menulis bahwa dia akan memimpin Sumut dengan keteladanan dan kerja nyata. Keteladanan itu berarti beliau harus baik, karena kalau tidak baik, tidak akan berani mengatakan slogan itu,” kata Bachtiar saat kampanye.

Selain masalah keteladanan, Wahab juga menjanjikan akan memajukan usaha kecil menengah (UKM) untuk mengurangi penganggur. ”Kalau ada dana talangan dari bank pembangunan, bisa kita pakai untuk mengembangkan usaha kecil yang layak," kata Wahab,  disambut tepuk tangan pendukungnya yang sebagian besar adalah ibu-ibu dari berbagai kelompok pengajian.

Wahab juga berjanji akan meningkatkan kesejahteraan nelayan dengan membangun lebih banyak kampung nelayan. Di kawasan Belawan, misalnya, Wahab menjanjikan akan menambah kampung nelayan agar menjadi lebih dari satu kampung.

Menjelang penutupan kampanye selama sekitar satu jam itu, Wahab mengatakan, semua janji yang disampaikan hari itu tidak mungkin akan dilaksanakan sekaligus dalam waktu dekat.

”Kalau saya menjadi gubernur, memang tidak bisa langsung membangun Medan termasuk Belawan. Kami juga akan bekerja sama dengan Wali Kota Medan mendatang untuk memerhatikan pembangunan Belawan ini,” ujar Wahab lagi.
Sementara itu, calon wakil gubernur Muhammad  Syafii yang berpasangan dengan Wahab berkampanye di Asrama Haji Medan. Kampanye  dihadiri sekitar 500  pendukung.

Benahi infrastruktur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com