Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wapres Kalla Enjoy Tumpangi Superpuma TNI-AU

Kompas.com - 19/07/2008, 08:37 WIB

GORONTALO, SABTU - Meskipun hanya terbang dengan menggunakan helikopter jenis Super Puma milik TNI-AU ke daerah-daerah pelosok, Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla tampak menikmati perjalanan kunjungan kerjanya ke berbagai kabupaten kota di lima provinsi. Kalla memang sengaja naik helikopter yang bermarkas di Pulau Bogor, Jawa Barat, untuk menemui rakyat, meskipun ia sempat dikeluhkan oleh Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) HB Paliudju kemarin agar di lain waktu jika melakukan kunjungan kerja menempuhnya dengan perjalanan darat.

"Semalam saya tidur agak panjang, karena kemarin tidur hanya tiga jam di Samarinda. Apalagi kita kunjungi delapan titik.Semalam agak lama sehingga hari ini lebih segar. Apalagi jika sudah menikmati pemandangan yang hijau dari udara," ujar Kalla, saat sarapan pagi bersama Fadel di pendopo Gubernuran Gorontalo, Sabtu (19/7).

Dalam kunjungan kali ini, Kalla menumpang helikopter VIPI yang pertama dari tiga heli yang disiapkan. Super Puma yang ditumpanginya diawaki oleh pilot Letkol (Pnb) Eddy Sugkana, Komandan Udara Skuadron 6 Lanud Atang Sanjaya, Bogor, dan co-pilot Letkol (Pnb) Fachry, yang kini staf di skuadron tersebut dan disebut bakal menggantikan Eddy. Kalla memang tidak pernah mempersoalkan terbang dengan pesawat apapun, asalkan kondisi pesawatnya prima dan penerbangannya tidak ada masalah.

"Bagi saya, terbang dengan pesawat apapun tidak ada persoalan. Yang penting pilotnya yakin dan pesawatnya baik," ujar Kalla saat membuka pertemuan para pilot di Jakarta, dua pekan yang lalu. Kalau di hari kedua kunjungan kerjanya Kalla terbang dengan heli ke Ampana, Tentena, Poso di Sulteng, Sabtu pagi ini Kalla akan terbang dengan heli yang sama ke Kabupaten Bualemo yang berjarak 100 kilometer lebih dengan jarak tempuh melalui jalan darat tak kurang dari dua jam.

Kalla mengunjungi desa transmigrasi di Desa Bongo II dan Bongo III Wonosari, yang akan dicanangkan sebagai salah satu Kota Terpadu Mandiri se Sulawesi. Selanjutnya, dari Kabupaten Bualemo, Wapres Kalla akan terbang kembali ke Kabupaten Toli-Toli untuk bersilaturahmi dengan masyarakat dan tokoh agama serta Muspida Kabupaten Toli-toli dan bertemu dengan kader Partai Golkar.

Dari Bandara Lalos, Toli-Toli, sore hari nanti, Wapres bersama rombongan akan melanjutkan kunjungan kerja ke Provinsi Sulwesi Utara dengan pesawat Dash 7/Pelita Air Service. Tercatat, bukan kali ini saja Kalla memanfaatkan heli sebagai sarana kunjungan kerjanya. Dalam beberapa kali kunjungan kerjanya, Kalla menggunakan heli seperti waktu kunjungan kerja di tujuh kabupaten di Pulau Jawa. melihat pangan dan pertanian serta infrastruktur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com