Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tangerang Banjir Pengemis

Kompas.com - 23/08/2008, 16:42 WIB

TANGERANG, SABTU - Para gelandangan dan pengemis (gepeng) menyerbu sejumlah kompleks perumahan dan kawasan jalan protokol di Kota Tangerang, Banten. Mereka berupaya untuk mengais rezeki menjelang bulan puasa, sehingga merepotkan petugas setempat.
     
Sabtu ini para gepeng sengaja mendatangi rumah penduduk dengan tujuan meminta belas kasihan seperti di kompleks perumahan Cimone Permai, Perumnas I dan II, Perumahan Pondok Arum, Perumahan Taman Cibodas, Perumahan Total Persada dan Perumahan Periuk Damai.
     
Namun para gepeng itu tidak dapat melakukan kegiatan di kompleks perumahan yang memiliki satuan pengamanan (satpam) yang dikelola pengembang, karena dilarang memasuki areal dengan alasan keamanan dan ketertiban.
     
Pada pintu depan perumahan ada pula yang sengaja memasang pengumuman bahwa kepada gepeng dilarang masuk karena dianggap menganggu pemilik rumah.
     
Selain itu, di perempatan jalan utama yang memiliki lampu merah di kota ini seperti Jalan Iman Bonjol, Jalan Gatot Subroto, Jalan Proklamasi, Jalan M. Toha serta Jalan KH. Hasyim Azhari juga merupakan sasaran tempat untuk meminta bagi gepeng kepada pengendara yang kebetulan melintas.
     
Akibat banyaknya gepeng di perempatan jalan, maka beberapa waktu lalu, dua pengemis di tempat terpisah terserempet sepeda motor karena meminta di bahu jalan, meski tidak menderita cedera berat, namun pengendara berupaya mengobati.
    
Demikian pula, seorang gepeng di perempatan jalan M. Toha tertabrak angkutan kota akibat meminta di lampu merah yang sedang menyala hijau. Walau tidak mengalami luka serius, tapi sopir bertanggungjawab memberikan pertolongan dengan membawa ke puskesmas setempat.
     
Setiap pekan menjelang puasa, jumlah mereka terus bertambah, dalam catatan pihak LSM pemerhati sosial, sekitar 30 hingga 50 gepeng mendatangi kota ini, sehingga terlihat pemandangan yang berbeda dari hari biasa.
    
Para gepeng itu kebanyakan berasal dari kawasan pantai utara Jawa Barat seperti dari Karawang, Indramayu, Cirebon dan Pemalang, Brebes dan Tegal dan Bumiayu, Jawa Tengah serta adapula dari Lebak dan Pandeglang.
    
Pengemis ada pula yang sengaja menggendong anak kecil mendatangi rumah penduduk dan kadang berpura-pura menderita cacat fisik dengan penampilan pakaian lusuh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com