Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Sapu Jagat Sudah Dibuat Nyaman Lho...

Kompas.com - 28/08/2008, 06:35 WIB

SAAT ini, PT Industri Kereta Api telah menyelesaikan pembuatan 20 gerbong bagasi. Gerbong ini disiapkan mengangkut penumpang yang tidak bisa terangkut oleh kereta api kelas ekonomi pada arus mudik dan balik Lebaran mendatang. Desain bagian dalam gerbong diubah supaya penumpang ettap nyaman.

Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal saat meninjau gerbong bagasi ini di PT Industri Kereta Api (Inka) di Madiun, Rabu (27/8), mengatakan, selama ini penumpang kelas ekonomi yang tidak terangkut kereta api saat arus mudik dan balik Lebaran selalu dinaikkan gerbong bagasi yang kondisinya buruk.

Namun pada arus mudik dan balik Lebaran kali ini, gerbong bagasi yang digunakan mengangkut penumpang dimodifikasi supaya penumpang nyaman berada di dalamnya. "Gerbong bagasi yang biasanya disebut kereta api sapu jagat sekarang diganti menjadi kereta api komunitas," ujarnya.

Berdasarkan pengamatan, ada empat pintu di gerbong bagasi ini. Gerbong juga dilengkapi dengan kamar mandi. Selain itu, lantai gerbong dilapisi karpet. Saat meninjau gerbong, Jusman meminta agar nantinya ada empat kipas angin dipasang di dalam gerbong supaya penumpang tidak kepan asan.

Hal ini berbeda dengan gerbong bagasi yang sebelumnya selalu digunakan saat Lebaran. Gerbong bagasi hanya terdiri dari dua pintu, lantai gerbong tidak memakai alas, tidak ada kamar mandi, dan tidak ada kipas angin.

Masing-masing gerbong bagasi mampu mengangkut 100-125 penumpang. Nantinya ke-20 gerbong tersebut disiagakan di Jakarta untuk mengangkut penumpang yang tidak terangkut kereta api kelas ekonomi pada arus mudik. Adapun pada arus balik, gerbong bagasi disiagakan di Surabaya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com