Gates Kembali Jadi Orang Terkaya

Kompas.com - 19/09/2008, 09:03 WIB
Editor

JAKARTA, JUMAT - Pendiri Microsoft Corp, Bill Gates kembali dinobatkan sebagai orang terkaya, setelah sempat digeser Berkshire Hathaway Inc. pemilik Berkshire Hathaway Inc, beberapa bulan lalu.

Majalah Forbes yang merilis 400 orang terkaya di Amerika Serikat, pertengahan pekan ini, menyebutkan Gates mempunyai kekayaan mencapai 57 miliar dollar AS, sedangkan Buffet "hanya" 50 miliar dollar AS. Direbutnya kembali gelar terkaya oleh Gates ini, akibat saham Berkshire Hathaway terpangkas sebanyak 15 persen dari Februari.

Sementara Larry Ellison, CEO Oracle Corp, menduduki peringkat ketiga dengan kekayaan 27 miliar dollar AS. Kemudian berturut-turut peringkat empat sampai  enam dikuasai oleh keluarga Wal Mart, yakni  Jim Walton dengan 23,4 miliar dollar AS dan S. Robson Walton 23,3 miliar dollar AS. Keduanya putera dari perintis Wal Mart Stores, Sam Walton. Pada peringkat keenam adalah puteri Sam Walton, Alice Walton dan menantunya, Christy Walton, yang memiliki harta kekayaan dari 23,2 miliar dollar AS.

Sedangkan Walikota New York Michael Bloomberg berada di posisi delapan dengan total kekayaan mencapai 20 miliar dollar AS. Sedangkan posisi sembilan dan sepuluh dipegang oleh Charles Koch dan David Koch dari Koch Industries Inc, dengan kekayaan masing-masing mencapai 19 miliar dollar AS.

Bloomberg menjadi salah seorang yang berhasil meningkatkan harta kekayaan yang terbesar pada tahun ini, setelah ia membeli kembali 20 persen saham perusahaannya, induk dari Bloomberg News, dari Merrill Lynch & Co senilai 4,5 miliar dollar AS.  Tahun lalu ia hanya berada di urutan 25.

Yang mengalami penurunan terbesar adalah Sheldon Adelson, CEO Las Vegas Sands Corp. Posisi Sheldon jatuh dari urutan 3 menjadi peringkat 15, setelah saham kasino miliknya anjlok tajam.

Forbes yang menghitung sampai 29 Agustus 2008, menyebutkan kekayaan bersih yang dimiliki oleh 400 orang itu, ternyata hanya naik 2 persen dari 1,3 triliun menjadi 1,57 triliun dollar AS. Rendahnya kenaikan ini mencerminkan tingkat volatilitas yang tinggi dalam perekonomian.

"Naiknya harga minyak dan karya seni, menjadi jalan bagi 31 orang muka baru dan 8 orang yang come back ke dalam daftar. Sementara tingkat volatilitas yang tinggi di pasar saham dan krisis perumahan membuat 33 orang terpental dari daftar," sebut Forbes.

Pendatang baru yang masuk ke daftar antara lain, tycoon pupuk Alexander Rovt, Dealer mobil yang juga koletor seni Norman Braman dan pendiri Patron tequila, John Paul DeJoria. Selain itu masuk juga Mark Zuckerberg, pemuda berusia 24 tahun yang merupakan pendiri situs Facebook, dengan kekayaan 1,5 miliar dollar AS.

Sedang yang terpental dalam daftar antara lain pemegang saham AIG, Eli Broad dan Steven Udvar-Hazy, yang telah kehilangan ratusan juta dollar AS. Untuk masuk ke dalam daftar tersebut, seseorang harus memiliki kekayaan bersih minimal 1,3 miliar dollar AS.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.