Berlian Terbesar Ditemukan

Kompas.com - 22/09/2008, 12:21 WIB
Editor

SEBUAH pertambangan di Afrika Selatan, kerajaan Lesotho, menemukan salah satu berlian terbesar di dunia yang beratnya hampir 500 karat. Intan yang ditemukan pada 8 September lalu ini telah dianalisis oleh ahli batu perhiasan di Antwerp dan disebutkan beratnya sekitar 478 karat dengan tingkat warna dan kejernihan yang luar biasa.

"Berlian ini berpotensi mengalahkan salah satu berlian bulat terbesar tanpa cacat sepanjang sejarah," kata Clifford Elphick, Chief Executive Gems Diamonds, perusahaan yang menemukan berlian ini. Berlian yang ditemukan di area pertambangan Letseng terebut diperkirakan akan lebih besar, lebih bagus, dan tanpa cacat, setelah di-cutting.

Letseng adalah pertambangan yang paling produktif sepanjang sejarah. Empat dari 20 berlian mentah terbesar di dunia ditemukan di pertambangan ini, termasuk di antaranya tiga berlian terbesar di dunia, yakni Lesotho Promise (603 karat), Leteng Legacy (493 karat), dan Lesotho Brown (601 karat).

Sebelum dipotong, agak sulit menentukan nilai berlian, tapi juru bicara Gem Diamonds mengatakan, dengan berat sekitar 500 karat, kualitas dan tingkat kejernihan (clarity) berlian yang lebih rendah bisa terjual 12 juta dollar AS (sekitar Rp 100 miliar).

Ada empat hal yang menentukan harga berlian, yakni karat (carat), warna (color), kejernihan (clarity), dan pemotongan (cutting), atau sering disingkat menjadi 4C. Cutting menjadi penting karena menentukan proporsi batuan setelah dipotong. Berlian akan memantulkan cahaya sangat cemerlang jika cutting-nya sempurna. Makin sedikit kerusakannya, berarti makin sempurna cahaya yang dipantulkannya.

Sejarah mencatat, berlian terbesar di dunia adalah Cullinan yang ditemukan di Afrika Selatan pada tahun 1905. Beratnya lebih dari 3.100 karat sebelum dipotong menjadi lebih dari 1.000 bagian. Bagian terbesar dari potongan berlian itu kini bertakhta anggun di mahkota kerajaan Inggris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.