Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perbankan Syariah Tunjukkan Kinerja Positif

Kompas.com - 22/09/2008, 21:24 WIB

JAKARTA, SENIN- Kinerja lembaga dan perbankan syariah sejauh ini menunjukkan kinerja yang baik. Tidak hanya mengejar keuntungan melalui sistim syariah itu sendiri, namun menjadi alternatif solusi finansial bagi masyarakat Indonesia dalam melakukan aktifitas perbankan.  

 

"Laporan enam bulanan yang wajib diserahkan kepada Dewan Syariah Nasional (DSN), sudah menunjukkan kinerja lembaga dan perbankan yang sudah sesuai prinsip-prinsip syariah," kata Wakil Ketua DSN M Anwar Ibrahim, di Jakarta, Senin (22/9).   

 

Anwar menambahkan, prinsip syariah tersebut antara lain, pembayaran terhadap pinjaman tidak boleh berbeda dengan nilai pinjaman yang ditentukan sebelumnya. Nasabah dan lembaga menggunakan sistem berbagi keuntungan sehingga tidak mengenal bunga dimana menghasilkan uang melalui uang. Adanya tranparansi mengenai transaksi dan juga investasi yang diserahkan tidak boleh digunakan untuk usaha haram.  

 

Selain itu, lanjutnya, kinerja perbankan yang positif juga ditunjukkan dengan bertambahnya nasabah syariah setiap tahunnya secara signifikan, diikuti semakin banyaknya lembaga atau bank yang membuka kantornya hingga ke daerah-daerah.  

 

Lembaga dan perbankan syariah diharapkan akan semakin semarak tumbuh di Indonesia. "Tidak hanya sekedar menyimpan uang namun nasabah juga memahami sistem perbankan secara Islam," tegas Anwar. (C12-08)

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com