Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wig Kembali Lagi

Kompas.com - 08/01/2009, 15:27 WIB

Beberapa tahun lalu, wig atau rambut palsu lebih identik dengan hakim, orang yang rambutnya botak, atau artis-artis panggung. Pada masa itu, model wig juga masih terbatas dan terlihat artifisial. Namun, kini wig telah menjadi bagian dari fashion. Wig merupakan solusi praktis bagi setiap orang yang ingin mengubah penampilan secara instan.

Tahun 2009 ini diperkirakan wig akan kembali tren. Beberapa jaringan ritel besar di Inggris seperti Topshop dan Selfridges, misalnya, sudah memajang aneka model wig yang stylist. "10 tahun lalu hanya sedikit orang yang berani memakai wig. Tapi lihatlah sekarang, tak cuma untuk acara khusus, banyak wanita yang membeli aneka model wig untuk penampilan sehari-hari," kata Daniel Blythe, pembuat wig dari Hot Hair, Inggris.

Pada awalnya, wig, yang diciptakan oleh penduduk Mesir kuno, digunakan untuk melindungi kepala dari kebotakan akibat sengatan sinar matahari. Namun wig makin lama makin fashionable. Hal ini tak lepas dari peran para selebriti yang memiliki tuntutan untuk selalu tampil baru dan berbeda.

Beberapa tahun lalu penggunaan wig sempat tren di Tanah Air setelah penyanyi Krisdayanti sering tampil dengan berbagai model wig. Tahun 2008 lalu di AS, wig kembali naik daun seiring dengan naiknya popularitas calon wakil presiden dari Partai Republik, Sarah Palin. Penyanyi Beyonce bahkan pernah mengatakan ia jarang keluar rumah tanpa wig. Demikian pula aktris Halle Berry yang punya satu set koleksi wig dalam berbagai model dan warna rambut.

"Fashion berubah sangat cepat dan tiap wanita berusaha mengikutinya. Wig merupakan sarana pendukung yang tepat," kata Vicki Ullah, pemilik outlet wig, apalagi saat ini ongkos menata rambut di salon semakin mahal. Taruhlah Anda harus merogoh kocek sekitar 2,5 juta rupiah untuk hair extention yang hanya bertahan beberapa bulan. Uang tersebut bisa Anda belikan beberapa model wig yang modelnya tak akan ketinggalan hingga satu tahun kemudian.

Perawatan wig pun sebenarnya tak terlalu merepotkan. "Setelah dipakai, semprot wig dengan conditioning agar lembab. Lalu cuci wig dengan sampo khusus setiap tiga minggu dan keringkan secara alami," kata Ullah. Jadi, bersiaplah jadi siapa pun yang Anda inginkan dengan wig.*

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com