Rekor Baru Uang Kertas Pecahan 100 Triliun Dollar

Kompas.com - 16/01/2009, 16:35 WIB
Editor

HARARE, JUMAT — Zimbabwe kembali menghebohkan dunia dengan menerbitkan uang kertas pecahan 100 triliun dollar. Ini merupakan uang kertas dengan pecahan tertinggi. Sebelumnya, Zimbabwe sudah mengedarkan uang kertas pecahan tertinggi 100 miliar dollar.

Penerbitan uang kertas dengan nilai spektakuler ini merupakan upaya terbaru negara Afrika itu untuk menahan hiperinflasi yang telah membuat perekonomian negara itu compang-camping. Uang kertas baru dengan 14 digit nol (100.000.000.000.000) itu akan setara sekitar 300 dollar AS atau sekitar Rp 3,3 juta.

Surat kabar pemerintah, Herald, melaporkan, Jumat (16/1), Reserve Bank of Zimbabwe juga akan menerbitkan tiga uang kertas lainnya dalam denominasi triliun dollar, yakni 10, 20, dan 50. Padahal, baru pekan lalu bank itu mengeluarkan uang kertas dalam denominasi miliar dollar, masing-masing 10, 20, dan 50 dengan tujuan yang sama.

Namun, uang-uang kertas itu tidak lagi cukup untuk menjaga hiperinflasi. Nilai mata uang dollar Zimbabwe terus turun setelah inflasi mendera hingga sebesar 231 juta persen pada Juli. Para pakar keuangan memperkirakan nilai inflasi akan naik lebih tinggi berkali-kali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.