Warga DKI Meninggal Diduga Flu Burung

Kompas.com - 17/01/2009, 16:40 WIB
Editor

TANGERANG, SABTU- Seorang warga berinisial Na (43) asal Pendongkelan Belakang RT 01/14, Cengkareng Timur, Jakarta Barat, meninggal dunia di Rumah Sakit Umum (RSU) Tangerang, Banten, karena diduga terinfeksi virus flu burung atau avian influenza (AI) jenis H5N1, pada Sabtu (17/1) pagi.

"Informasi yang diterima keluarga dari salah satu dokter di RSU Tangerang menyebutkan, Na meninggal karena diduga tertular virus flu burung," kata ibu korban, Wastiah (65) di Tangerang.

Namun Wastiah tidak mengetahui, identitas dokter yang memberikan informasi dugaan anaknya terinfeksi virus mematikan tersebut. Wastiah menjelaskan, awalnya Na mengalami demam tinggi, sesak nafas, dan batuk berat sejak empat hari lalu, atau Selasa (13/1). Sehari kemudian korban dibawa ke Puskesmas Cengkareng.

Usai berobat ke Puskesmas terdekat, kondisi korban tidak juga membaik, bahkan semakin memburuk dengan mengalami sesak nafas berat, padahal Na tidak memiliki riwayat penyakit yang berhubungan saluran pernafasan atau asma.

Setelah tiga hari berobat ke Puskesmas, Sabtu (17/1) sekitar pukul 03.00 WIB, keluarga berinisiatif membawa Na ke RSU Tangerang untuk mendapatkan perawatan dan menjalani diagnosa.

Karena kondisinya parah dan mengalami sesak nafas, demam tinggi dan batuk berat serta didiagnosa diduga tertular virus flu burung, akhirnya Na menjalani perawatan di ruang isolasi flu burung di RSU Tangerang mulai pukul 05.00 WIB.

Namun setelah menjalani perawatan sekitar empat jam atau sekitar pukul 09.00 WIB, ibu empat anak itu menghembuskan nafas terakhir.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Direktur RSU Tangerang Makentur JN Mamahit tidak dapat dikonfirmasi terkait adanya dugaan pasien yang meninggal dunia karena terinfeksi flu burung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.