Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenisnya Ratusan, Warnanya Beragam

Kompas.com - 11/02/2009, 13:11 WIB

TANAMAN bernama latin Hibiscus rosa-sinensis ini, di Indonesia lebih dikenal dengan sebutan Kembang Sepatu (shoe flower). Nama tersebut sebenarnya berasal dari Jamaika. Berawal dari penggunaan bunga hibiscus untuk menyemir sepatu.

Bunga hibiscus memiliki ratusan jenis bunga. Warnanya pun beragam. Rata-rata bunga ini tumbuh pada daerah tropis, seperti Asia Tenggara dan kepulauan Hawaii. Ada pula beberapa jenis yang dapat tumbuh di daerah beriklim dingin.

Hibiscus termasuk tanaman yang rajin berbunga sepanjang tahun. Bunganya terdiri dari lima buah kelopak, di bagian tengahnya selalu terdapat semacam wadah untuk putik dan benang sarinya. Warnanya beragam, mulai dari putih, merah, kuning, hingga ungu.

Menanam dan merawatnya mudah.

Bunga hibiscus membutuhkan sinar matahari yang cukup. Agar pertumbuhannya baik, siapkan media tanam dengan drainase yang baik. Lakukan penyiraman teratur, sesuai dengan keadaan cuaca dan media tanamnya. Jika cuaca sedang hujan, cukup siram dua hari sekali, sedangkan jika cuaca sedang panas, siram hibiscus setiap hari.

Tanaman bunga yang satu ini bisa diperbanyak dengan menebar benih atau metode cangkok.*


Anissa

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com