Harga Mahal Berlian Tidak Selalu Abadi

Kompas.com - 25/02/2009, 10:26 WIB
Editor

JAKARTA, RABU — Berlian adalah abadi. Tapi ini tidak berlaku untuk harganya yang terkenal mahal itu. Buktinya, kini di saat harga emas terus menanjak, harga berlian justru turun.

Harga berlian jatuh setelah menikmati kenaikan harga dalam dua dekade terakhir. Sekarang, banderol perhiasan mewah ini sudah menyusut 20 persen-30 persen dari rekor tertinggi pada Agustus 2008.

Menurut PolishedPrices.com, kemarin (24/2), indeks rata-rata harga berlian berada di posisi 113,3. Padahal, per 11 Agustus 2008 indeks harga berlian berada di 137,57. Jadi, rata-rata harga berlian sudah luntur 17,64 persen.

Penurunan ini tak lepas dari krisis ekonomi dunia. Akibat krisis, permintaan berlian di pasar Amerika Serikat anjlok 20 persen. Padahal, AS menyumbang lebih dari 50 persen permintaan berlian dunia.

Tak heran kalau stok berlian dunia kini berlimpah. Ingat pula, setiap berlian yang ditemukan dan dijual sejak awal mula, kalau tidak hilang pasti masih ada hingga kini. Malahan menurut data De Beers, peritel berlian terbesar dunia, warga dunia memegang 500 juta karat berlian. Jumlah ini 50 kali lipat produksi perusahaan kartel berlian tersebut.

Persoalannya, bagaimana kalau publik mulai menjual berlian milik mereka karena krisis? De Beers pun tak berdaya. Penjualan De Beers pada November dan Desember 2008 jatuh di bawah target. Bahkan, Jumat (20/2), De Beers mengungkapkan rencananya  meminjam 500 juta dollar AS dari pemegang sahamnya.

Sebelumnya, Januari 2009, De Beers mengatakan akan mengurangi produksi berlian mentah sebanyak 50 persen sampai April 2009. Caranya, De Beers akan memangkas waktu kerja dan memindahkan pekerja dari penggalian ke pemeliharaan tambang,

Ini sangat berbeda dibandingkan kondisi September 2008, tepat sebelum Lehman Brothers bangkrut. Waktu itu De Beers malah tak mampu memproduksi berlian cukup cepat untuk memenuhi kebutuhan. Tapi, kini De Beers mesti menurunkan harga berlian mentahnya 15 persen-20 persen. De Beers mengontrol 40 persen pasar berlian dunia.

Konsultan berlian dari Tacy Ltd Chaim Even-Zohar kepada Bloomberg mengatakan, permintaan ritel herlian akan turun 15 persen pada November 2008 sampai Oktober 2009. Sedangkan permintaan berlian mentah anjlok 63 persen.

Di Indonesia, permintaan perhiasan berlian juga merosot. "Turunnya setara penurunan perhiasan emas, sekitar 40 persen dari tahun lalu," kata Iskandar Husein, Ketua Asosiasi Pengusaha Emas dan Permata Indonesia, kemarin.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.