Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komit Produk Lokal, Wapres Peroleh Karikatur Sepatu

Kompas.com - 06/03/2009, 11:23 WIB

Komitmen Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk cinta produk lokal memperoleh apresiasi Menteri Perindustrian Fahmi Idris. Bukan lagi dengan himbauan PNS yang mesti bersepatu lokal, kali ini tanpa sungkan, Fahmi justru memberikan lukisan karikatur Kalla yang tengah mempertontonkan sepatu produk dalam negeri.

Lukisan karikatur Kalla ini diberikan Fahmi sesaat Kalla akan memimpin rapat tentang persiapan panen dan musim tanam di Istana Wapres, Jakarta, Kamis (5/3).

Kalla yang menerima karikatur dirinya tersebut, sontak tertawa kecil sambil terus mengamati lukisan karikaturnya. Uniknya tanpa ditanya, Menteri Pertanian Anton Apriantono dan Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu berburu klaim penggunaan sepatu merk lokal yang digunakan.

"Saya pakai Gertz Indonesia, Pak," ucap Anton.

"Saya Yongki," ucap Mari Elka Pangestu.

Tanpa mesti membuktikan pernyataan Menteri Anton dan Menteri Elka Mari Pangestu, Kalla dengan sigap bertanya kepada peserta rapat terbatas lainnya.  "Bagaimana yang lain, semua pakai sepatu lokal juga?" tanya Kalla.

Sambil senyam-senyum dan sedikit sungkan, bos-bos pabrik pupuk di Tanah Air tak langsung mengangkat sepatu yang dipakainya. Hanya satu sosok yang memperlihatkan sepatu yang dipakainya. "Ini buatan pasar baru," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com