Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marwah: Siap Bersaing dengan Akbar dan Sultan

Kompas.com - 21/04/2009, 17:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Setelah sebelumnya diusung menjadi capres Dewan Integritas Bangsa (DIB), kini anggota Fraksi Partai Golkar Marwah Daud Ibrahim mengaku siap maju dan berkompetisi dengan Akbar Tanjung dan Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam pemilihan capres atau cawapres Partai Golkar.

"Bila Golkar gagal koalisi dengan Partai Demokrat, maka Partai Golkar harus tampil memimpin pembentukan koalisi baru. Untuk proses penetapan capres atau cawapres di intern Partai Golkar harus terbuka, demokratis, dan meritokratis," kata Marwah, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (21/4).

Karena itu, ia mengajukan empat langkah proses penetapan capres atau cawapres dalam intern Partai Golkar. Yakni, pertama melakukan pendaftaran resmi capres atau cawapres Partai Golkar dengan mempertimbangkan hasil Rapimnas Partai Golkar dan hasil penjaringan nama dari Dewan Perwakilan Daerah (DPD) I dan DPD II seluruh Indonesia.

"Nantinya, peserta mengisi formulir kesiapan menjadi capres atau cawapres Partai Golkar," ujarnya. Diharapkan, akan muncul 7-10 orang nominator dengan memerhatikan representasi wilayah, profesi, perempuan, dan generasi muda.

Langkah kedua, penetapan peserta yang memiliki hak pilih di Rapimnasus. Ketiga, penyampaian visi strategis capres atau cawapres selama 20 menit. Dan keempat, pemilihan secara aklamasi atau voting. "Selama ini memang sudah banyak disebut mengenai 7-10 orang nominatornya. Dan saya juga menjadi salah satu yang disebut sebagai nominatornya," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com