Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bogor Bakal Punya BORR

Kompas.com - 22/04/2009, 21:27 WIB

BOGOR, KOMPAS.com — Pembangunan jalan lingkar luar Bogor (Bogor Outer Ring Road/BORR) diyakini dapat memicu masuknya investasi ke Kota Bogor karena infrastruktur jalan aksesnya lebih mudah dan baik dari Jakarta maupun daerah lain di sekitarnya.

"Bila nanti jalan lingkar luar itu tuntas, para investor akan semakin tertarik menanamkan investasinya di Kota Bogor," kata Wali Kota Bogor Diani Budiarto di Balaikota, Rabu (22/4).

Pembangunan jalan lingkar luar tersebut, kata dia, yang utama adalah upaya mengurai kemacetan di dalam kota, dan kemudian diharapkan berimbas pada keinginan investor untuk membuka usahanya di daerah itu.

"Kalau pembangunan BORR sudah tuntas, Kota Bogor bukan lagi menjadi wilayah perlintasan sehingga kemacetan di dalam Kota Bogor akan berkurang, " katanya.

Ia menjelaskan, tahap pertama pembangunan  BORR sudah mulai dikerjakan. Rentang jalan yang dibangun adalah sepanjang 3,7 kilometer dari wilayah Sentul selatan sampai pertigaan Kedung Halang, dan rencananya pembangunan ini akan selesai akhir 2009.

Secara keseluruhan proyek BORR meliputi pembangunan jalan lingkar mengelilingi Kota Bogor sepanjang 11 kilometer. Pembangunannya dibagi dalam tiga tahap, dan setelah itu, akan dibangun lagi jalur tol sepanjang 4,1 kilometer dari Kedunghalang sampai Simpang Yasmin.

Untuk tahap terakhir, akan dikerjakan jalan sepanjang 3,2 kilometer dari Simpang Yasmin sampai Darmaga di Kabupaten Bogor. 

Berdasarkan data dari Pemerintah Kota Bogor, pembangunan BORR membutuhkan biaya kira-kira Rp 1,6 triliun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com