Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asahan III Gapai Titik Terang

Kompas.com - 15/06/2009, 23:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Daerah (Pemda) Sumatera Utara (Sumut) mulai memberikan sinyal postif untuk mengeluarkan izin lokasi pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Asahan III yang sempat terkatung-katung dalam tiga tahun terakhir.
    
Pernyataan itu dikatakan oleh Dirut PLN Fahmi Mochtar menjawab pertanyaan salah seorang anggota dewan dalam rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR di Gedung DPR, Jakarta, Senin (15/6)malam. "Ada sinyal positif dari gubernur Sumut ke PLN dan sekarang tinggal menunggu izin lokasi," katanya.
    
Menurut Fahmi, sebelumnya Pemda Sumut lebih cenderung memilih pembangunan PLTA Asahan III berkapasitas 2x500 MW dilakukan oleh kalangan listrik swasta IPP. Namun dengan kondisi krisis keuangan global yang terjadi dewasa ini, ketersediaan dana dari perusahaan listrik swasta itu belum jelas hingga kini.
    
Sedangkan, PLN telah memiliki dana pinjaman luar negeri dari Japan Bank for International Cooperation (JBIC) untuk membangun pembangkit listrik yang akan tergabung dalam sistem kelistrikan di Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) itu. "Sepertinya pembangunan Asahan III mengarah ke PLN. Minggu lalu kami telah bertemu dengan gubernur, hanya saja kami diminta untuk mengajukan surat," katanya.
    
PLTA Asahan III terletak di Kabupaten Toba Samosir, Sumut dan dalam beberapa tahun terakhir pemerintah provinsi itu menunda mengeluarkan izin lokasi karena alasan yang tidak jelas sehingga pembangunan pembangkit itu menjadi terkendala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com