Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rheinald Kasali: Marketer Jangan Hanya Mengandalkan Data

Kompas.com - 15/07/2009, 20:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk memenangkan pasar, marketer harus mempunyai strategi yang jitu. Selain itu, seorang marketer tidak bisa hanya mengandalkan data-data yang ada, tetapi harus melihat kondisi lapangan yang sebenarnya.

Demikian dikatakan Rheinald Kasali, seorang pakar marketing, saat ditemui di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Rabu (15/7) malam.

Dengan melihat sendiri kondisi lapangan, akan didapat efek yang berbeda. Seorang marketer pun harus hati-hati dalam membaca informasi di media, pasalnya saat ini bahasa marketing sudah digunakan masyarakat luas.

Selain itu, lanjut Rheinald, marketer juga harus jeli melihat barang yang digemari masyarakat. "Orang Indonesia mempunyai kulkas yang kecil, makanya kalau jual semangka dijual dalam potongan yang kecil," terang dia.

Selain itu, masyarakat Indonesia juga masih bersifat tidak ingin tertinggal dari orang banyak dan terpaku dengan barang bermerek, produk seperti itu akan laku di pasaran.

Adapun untuk produk sehari-hari, lanjut dia, produk yang sesuai adalah barang yang dapat mempercepat aktivitas masyarakat. "Mereka butuh produk yang membuat mereka menjadi cepat, motor, ATM atau BlackBerry masih akan menjadi pilihan," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com