Rheinald Kasali: Marketer Jangan Hanya Mengandalkan Data

Kompas.com - 15/07/2009, 20:19 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com — Untuk memenangkan pasar, marketer harus mempunyai strategi yang jitu. Selain itu, seorang marketer tidak bisa hanya mengandalkan data-data yang ada, tetapi harus melihat kondisi lapangan yang sebenarnya.

Demikian dikatakan Rheinald Kasali, seorang pakar marketing, saat ditemui di Hotel Ritz-Carlton, Jakarta, Rabu (15/7) malam.

Dengan melihat sendiri kondisi lapangan, akan didapat efek yang berbeda. Seorang marketer pun harus hati-hati dalam membaca informasi di media, pasalnya saat ini bahasa marketing sudah digunakan masyarakat luas.

Selain itu, lanjut Rheinald, marketer juga harus jeli melihat barang yang digemari masyarakat. "Orang Indonesia mempunyai kulkas yang kecil, makanya kalau jual semangka dijual dalam potongan yang kecil," terang dia.

Selain itu, masyarakat Indonesia juga masih bersifat tidak ingin tertinggal dari orang banyak dan terpaku dengan barang bermerek, produk seperti itu akan laku di pasaran.

Adapun untuk produk sehari-hari, lanjut dia, produk yang sesuai adalah barang yang dapat mempercepat aktivitas masyarakat. "Mereka butuh produk yang membuat mereka menjadi cepat, motor, ATM atau BlackBerry masih akan menjadi pilihan," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.