Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kargo Perdana LNG Tangguh Sudah Dikirim ke Fujian

Kompas.com - 22/07/2009, 15:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — BP Indonesia selaku operator kilang Tangguh, Papua Barat, memenuhi janjinya untuk mengirimkan kargo pertama gas alam cair (LNG) ke Fujian China. Pengiriman tersebut bahkan bisa dilakukan akhir pekan lalu, lebih cepat dari rencana BP yang memperkirakan pengiriman baru bisa dilakukan pekan ini.

"Tanker Min Rong berangkat dari Kilang Tangguh LNG menuju Fujian, China pada hari Minggu, 19 Juli 2009 lalu," kata Head of Country BP Indonesia Nico Kanter, Rabu (22/7).

Sementara itu, Deputi Operasi dan Pemasaran BP Migas Eddy Purwanto menambahkan, kargo tersebut berjumlah 138.000 m3. Lebih sedikit dari yang disebut sebelumnya sebanyak 150.000 m3. Pengiriman kargo perdana ke Fujian tersebut dilakukan menyusul kepastian siapnya receiving terminal LNG di Provinsi Fujian, China. Sehingga siap menampung kiriman dari Tangguh.

Tangguh terdiri dari enam lapangan gas dari kontrak kerja sama Wiriagar, Berau, dan Muturi di daerah Bintuni, Papua Barat. Gas yang diproduksi dari dua anjungan lepas pantai tak berawak disalurkan melalui pipa sepanjang 22 kilometer ke dua kilang pencair gas, masing-masing dengan kapasitas produksi LNG 3.8 juta ton per tahun.

Train 1 memulai produksi LNG untuk kargo pertama ini pada pertengahan Juni sementara Train 2 diharapkan mulai beroperasi pada kuartal ini juga. (Gentur Putro Jati/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com