Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

INACA: Tak Ada Penurunan Signifikan Penerbangan Pascabom

Kompas.com - 24/07/2009, 13:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Sekjen Asosiasi Penerbangan Indonesia (INACA) Teuku Burhanuddin mengatakan, pascapeledakan bom di Hotel JW Marriott dan Ritz-Carlton Jakarta, tidak terjadi perubahan signifikan penerbangan dalam dan luar negeri dibanding bulan yang sama tahun 2008.

"Tidak ada cancel penerbangan dalam dan luar negeri secara signifikan," ucapnya saat jumpa pers di Jakarta Media Center, Jumat (24/7).

Menurutnya, dampak bom yang tidak signifikan terhadap dunia penerbangan tersebut akibat cepatnya penanganan kasus tersebut oleh kepolisian sehingga mempercepat pemulihan kepercayaan masyarakat. "Keamanan di bandara juga meningkat dan kita berharap konsisten. Bahkan, Korea berencana menambah penerbangan ke Indonesia," tuturnya.

Namun, kata dia, harus diperhatikan para wisatawan yang berasal dari negara sensitif terhadap keamanan seperti Jepang. "Jika kita ekspose terlampau besar akan berdampak negatif bagi kita," ujarnya.

Ia juga membantah adanya penambahan penerbangan keluar negeri pascapeledakan di dua hotel bintang lima tersebut. "Bukan eksodus tapi untuk mengangkut orang-orang sakit berobat ke luar negeri," tegasnya.

Ketua Umum INACA Iqbal Allan Abdulah meminta insiden bom tersebut tidak perlu dibesar-besarkan media karena publikasi yang besar menjadi keinginan para teroris. "Sehingga masyarakat menjadi takut," kata dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com