Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"Pak Gubernur, Lindungi Kami dari Daging Impor"

Kompas.com - 27/08/2009, 10:59 WIB

SALATIGA, KOMPAS.com Gubernur Jawa Tengah Bibit Waluyo beserta rombongan meninjau harga kebutuhan pokok di Pasar Blauran, Kota Salatiga, Kamis (27/8). Dalam pantauan tersebut, Bibit juga sempat berdialog sambil lalu dengan sejumlah pedagang daging, sayur, ataupun cabai merah keriting. Bahkan, salah seorang perwakilan pedagang daging, Apri, sempat mengeluhkan soal masuknya daging impor yang meyebabkan pedagang daging lokal kesulitan.

Kepada Bibit, dia meminta agar pemerintah memberikan subsidi kepada peternak. Dia memberi contoh, harga daging impor Rp 42.000 per kilogram, sedangkan daging lokal untuk impas paling tidak Rp 45.000 per kilogram. "Ya, nanti saya sampaikan ke pemerintah pusat. Terima kasih," kata Bibit yang didampingi tim dari Badan Ketahanan Pangan Jawa Tengah serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jawa Tengah.

Seusai pantauan, Bibit mengatakan, harga kebutuhan pokok naik, tetapi masih dalam rentang kemampuan masyarakat. Kenaikan harga tertinggi adalah gula pasir yang di Pasar Blauran sudah mendekati harga Rp 10.000 per kilogram. Sebelum bulan puasa sekitar Rp 8.000 per kilogram.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com