Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sering Padam, PLN Beli Listrik

Kompas.com - 09/11/2009, 09:58 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Direktur Operasional Jawa Bali PT PLN (Persero) Murtaqi Syamsuddin mengatakan, PLN akan membeli listrik dari PT Bekasi Power Jababeka sebagai upaya mengurangi dampak pemadamam listrik di Jakarta dan sekitarnya.

Menurut dia, pemadaman yang saat ini kerap terjadi di Ibu Kota dan sekitarnya akibat rusaknya trafo Gardu Induk Cawang yang meledak beberapa waktu lalu.

"PLN akan membeli listrik 37 MW dari PT Bekasi Power Jababeka. Daya akan mengalir ke PLN sekitar 14 hari lagi. Kontrak pembelian tersebut berlaku selama dua bulan dan bisa diperpanjang," kata Murtaqi dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Senin (9/11).

Selain itu, tutur dia, PLN juga telah membeli excess power dari PT Argopantes sebesar 2 MW. "Saat ini daya Argopantes sudah mengalir ke sistem kelistrikan Jakarta," ujarnya.

Murtaqi mengatakan, saat ini PLN sedang berupaya penuh mengaktifkan kembali trafo pengganti di Cawang. "Trafo pengganti dan semua peralatannya sudah ada di Gardu Induk Cawang dan sedang dalam proses perakitan. Targetnya pertengahan Desember trafo pengganti akan mulai beroprasi," kata dia.

Menurutnya, dalam jangka menengah, yang sangat diperlukan oleh Jakarta adalah penguatan struktur jaringan secara menyeluruh. Salah satunya dengan menambah trafo masing-masing sebesar 500 MVA di semua Gardu Induk Utama yang memasok listrik Jakarta, yaitu di Cawang, Bekasi, Gandul, dan Kembangan.

"Program penambahan trafo tersebut sudah mendapat persetujuan pemerintah dan akan memakan waktu 24 bulan untuk pengerjaannya," kata Murtaqi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com