Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

LPS : Tak Ada Aliran Dana ke "Pihak Tertentu"

Kompas.com - 01/12/2009, 13:24 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) menyatakan tidak ada pengaliran dana Penyertaan Modal Sementara (PMS) ke "pihak-pihak tertentu" seperti yang diberitakan oleh media selama ini.

“Tidak ada uang jalan-jalan ke mana-mana, semuanya murni langsung ke Bank Century,” ujar Direktur Eksekutif LPS Firdaus Djaelani dalam jumpa pers tentang penyetoran dan penggunaan dana PMS LPS di kantor LPS, Jakarta, Selasa (1/12).

Ia menjelaskan, dana PMS sebesar Rp 6,7 triliun merupakan serangkaian dana yang disetor ke Bank Century secara tunai dan dalam bentuk Surat Utang Negara (SUN).  Totalnya, sebut Fajar, sebesar Rp 5,3 triliun disalurkan secara tunai dan Rp 1,45 triliun dalam SUN.

Sementara, menurut Direktur Treasury Bank Mutiara (eks. Bank Century) Ahmad Fajar, penggunaan dana PMS LPS sebagian besar digunakan untuk pembayaran kepada 8.577 nasabah yang menarik simpanan yang sebagian besar berupa deposito.

“Tidak ada pembayaran dari LPS maupun Bank Century kepada pihak yang disebutkan namanya yang beredar dalam media atau internet. Data-data tersebut tidak ada pada kami, dan tak dapat dipertanggungjawabkan,” tegas Ahmad.

Lapor polisi

Sementara itu, enam orang yang dituduh menerima aliran dana Bank Century mendatangi Sentral Pelayanan Kepolisian (SPK) Polda Metro Jaya untuk membuat laporan atas dugaan pencemaran nama baik. Ketika tiba, keenam orang tersebut belum bersedia berkomentar kepada wartawan yang menunggu.

Mereka yang membuat laporan adalah Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Radjasa, Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Malarangeng, Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, anggota Komisi I DPR Edhi Baskoro Yudhoyono, serta keluarga Malarangeng lain, yaitu Rizal dan Choel Malarangeng.

"Nanti kami melapor," ucap Hatta Radjasa saat tiba di SPK Polda Metro Jaya. Mereka akan melaporkan beberapa aktivis organisasi Benteng Demokrasi Rakyat (Bendera) yang telah mengatakan bahwa mereka menerima aliran dana Bank Century.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com