Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Moody's Nyalakan Lampu Kuning Perbankan Swiss

Kompas.com - 11/12/2009, 13:11 WIB

ZURICH, KOMPAS.com —  Lembaga pemeringkat Moodys Investors Services menyebutkan outlook perbankan Swiss mulai negatif. Penyebabnya, bank besar telah menghadapi tantangan besar untuk melaksanakan aturan kerahasiaan bank dan menghadapi kondisi perekonomian yang melemah.

"Perbankan Swiss telah terkena pengaruh berbahaya dari krisis global, dan ini tergantung pada exposure mereka di pasar internasional," kata David Fanger, kepala analis Moody's yang membidangi UBS AG dan Credit Suisse AG dalam pernyataan tertulisnya hari ini.

Dia menyebutkan, beberapa bank besar, seperti UBS AG, Credit Suisse Group AG, yang paling terkena pengaruh. Ini berdasarkan laporan dari kerugian perdagangan yang cukup signifikan.

Mereka telah mengumumkan kerugian dan penurunan harga surat berharga akibat krisis kredit sebesar 78 miliar dollar AS. Selain itu, mereka saat ini juga harus mengumpulkan uang dari para investor untuk menambal modal.

Untuk perbankan swasta murni lokal yang beroperasi secara regional atau sebuah di wilayah, Moody's melihat bahwa mereka tetap terkena dampak, meskipun terbatas. Kondisi bank seperti ini tetap relatif lebih sehat ketimbang bank yang beroperasi di wilayah Eropa.

Moody's juga menilai, perbankan Swiss harus membayar ongkos yang mahal untuk menjaga kerahasiaan nasabah, terutama setelah meningkatnya keraguan kepada bank asing terhadap masa depan. (Syamsul Ashar/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com