Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Target Produksi Budidaya Ikan Jambi 40.000 Ton

Kompas.com - 16/12/2009, 17:42 WIB

JAMBI, KOMPAS.com  - Tahun 2010, Jambi menargetkan produksi budidaya ikan mencapai 40.000 ton, atau tumbuh 70 persen dari realisasi produksinya tahun 2009 sebanyak 25.520 ton. Sedangkan untuk ikan tangkap di laut target peningkatan produksinya hanya berkisar empat persen.

Target produksi budidaya dan hasil tangkap ikan di Jambi tahun depan memang besar, di atas realisasi produksi 2009 dibandingkan 2008 yang kurang dari 25 persen.

Menurut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jambi Herman Suherman, Rabu (16/12/2009), target itu difokuskan pada peningkatan produksi lele, patin, nila, dan bandeng. Sebab, lahan untuk membudidayakan jenis-jenis ikan itu masih sangat besar.

Lahan yang sudah dimanfaatkan dari potensi yang ada baru 30 persen. "Melihat dari potensi lahan, kami optimis peningkatan produksi bisa tercapai," ujarnya.

Asalkan, peningkatan produksi itu didukung makin besarnya konsumsi ikan dari masyarakatnya. Saat ini, konsumsi ikan di Jambi baru 27 kg per kapita per tahun, masih di bawah konsumsi ikan nasional 28 kg per kapita per tahun. Targetnya, tahun depan konsumsi ikan di Jambi meningkat menjadi 30 kg per kapita per tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com