NPL Kartu Kredit Terus Tinggi

Kompas.com - 30/12/2009, 11:15 WIB
EditorEdj

JAKARTA, KOMPAS.com — Penerbit kartu kredit harus waspada. Pasalnya, menjelang akhir tahun ini, tingkat kredit bermasalah (non performing loan/NPL) kartu kredit terbilang tinggi atau mencapai angka sekitar 8 persen atau 9 persen. 

Demikian disampaikan General Manager Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) Steve Marta, Jakarta, Rabu (30/12/2009). "NPL masing-masing bank beda, kalau bicara rata-rata mungkin 8-9 persen," ujar Steve.

Steve mengatakan, tingginya NPL kartu kredit dipengaruhi oleh kondisi ekonomi Indonesia tahun 2009 yang belum pulih akibat dampak krisis ekonomi global pada akhir tahun 2008 lalu. Hal ini memengaruhi para pemegang kartu kredit untuk berbelanja menggunakan kartu kredit, tetapi "seret" saat harus melakukan pembayaran. "Ekonomi lagi hot pembayaran lebih seret," cetusnya.

Untuk tahun depan dia optimistis NPL kartu kredit bisa turun dibandingkan tahun ini. Sebab, menurutnya, kondisi ekonomi dunia diperkirakan akan membaik dibandingkan tahun ini. Di samping itu, saat ini pemegang kartu kredit juga lebih teredukasi sehingga lebih bijak menggunakannya. "Sekarang intinya lebih baik. Orang sudah aware, tahu dampak kartu kredit. Memakainya juga lebih efisien," terangnya.

Rasio NPL kartu kredit yang melampaui 8 persen merupakan peringatan bagi perbankan agar lebih hati-hati menerbitkan kartu kredit yang baru. NPL wajar kartu kredit berkisar antara 7-8 persen.

Adapun untuk pertumbuhan kartu kredit tahun depan diperkirakan masih tetap sama dengan tahun ini atau berkisar 30-40 persen. "Yang paling banyak itu BCA, Bank Mega, Citibank, Mandiri, dan BRI masih bagus," tandasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.