Menkeu: Inflasi 2009, Terendah Sepanjang Sejarah

Kompas.com - 04/01/2010, 14:55 WIB
Editorwsn

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengapresiasi laju inflasi sepanjang tahun 2009 yang jauh di bawah batas target atau sebesar 2,78 persen. Laju inflasi ini tercatat merupakan terendah sepanjang sejarah Indonesia. Sebelumnya, pemerintah menargetkan laju inflasi sepanjang 2009 mencapai 4,5 persen. Selama ini, inflasi Indonesia cenderung berada di angka 5 persen.

"Saya dengar dari BPS (Badan Pusat Statistik) inflasi year on year 2,78 persen. Ini lebih rendah sepanjang sejarah," ujar Menkeu saat jumpa pers akhir tahun di Kantor Kementerian Koordinator Perekonomian, Jakarta, Senin (4/1/2010).

Di sisi lain, kinerja bursa juga menunjukkan peningkatan. Akhir tahun 2009, indeks harga saham gabungan atau IHSG naik 87 persen dibandingkan tahun 2008 atau tertinggi di seluruh ASEAN.

Posisi cadangan devisa akhir tahun 2009 juga tercatat tertinggi sepanjang sejarah Indonesia atau mencapai 65 miliar dollar AS. "Presiden tadi pagi mengatakan dari sisi neraca, cadangan devisa kita harus meningkat setidaknya 100 miliar dollar AS," kata Menkeu.

Nilai tukar rupiah rata-rata dalam satu tahun sepanjang 2009 mengalami apresiasi 15 persen dan termasuk tinggi di kawasan Asia.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X