Peluncuran Uang Rp 1.000 Baru Diundur April

Kompas.com - 04/02/2010, 08:02 WIB
EditorEdj

JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana bank sentral atau Bank Indonesia (BI) mencetak 800 juta keping uang logam baru Rp 1.000 ditunda hingga bulan April 2010. Demikian pernyataan Deputi Direktur Peredaran Uang Bank Indonesia Yopie Alimudin kepada KONTAN, Rabu (3/2/2010).

Sebelumnya, BI akan mencetak uang logam nominal Rp 1.000 ini pada bulan Februari 2010. Namun, karena alasan tertentu, BI menundanya hingga bulan April 2010.

Rencananya, dua sisi uang logam baru itu akan menampilkan gambar yang menjadi ciri khas Provinsi Jawa Barat, yakni alat musik angklung dan Gedung Sate. "Dua ikon itu sangat kuat mewakili kebudayaan Jawa Barat yang menjadi bagian dari kebudayaan nasional," kata Yopie.

Adapun material dan ukurannya tidak berbeda dengan uang logam Rp 1.000 yang beredar saat ini. Yopie menambahkan, uang logam baru yang akan diterbitkan BI itu akan menambah jumlah uang yang diedarkan (UYD) di pasar. (Andri Indradie/Kontan)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.