Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

VW Juga "Recall" 193.620 Unit

Kompas.com - 12/02/2010, 14:04 WIB

BRASIL, KOMPAS.com — Rentetan aksi pemanggilan kembali untuk perbaikan (recall) pada awal tahun 2010 tak hanya dialami pabrikan Jepang dan Amerika Serikat. Namun, juga sudah merembet ke Volkswagen (VW), tetapi di Brasil.

Pihak pabrikan asal Jerman itu mengumumkan aksi recall 193.620 unit karena isunya masalah pelumas pada roda belakang. Kelainan ini berpotensi roda bisa mengunci atau lebih parah lagi copot saat kendaraan tengah melaju.

Produk yang di-recall Novo Gol dan Voyage yang diproduksi lokal di Negeri Samba tersebut pada Juli 2009. Dari situs resmi VW di Brasil, pihak pabrikan menyatakan, "Kelainan tersebut menimbulkan bunyi dan jika terus digunakan akan menghentikan laju roda. Dalam beberapa kasus ekstrem, roda bisa copot dari as."

Recall yang dilakukan pabrikan juga dinyatakan sebagai aksi preventif. VW sudah ketiga kalinya melakukan aksi serupa, sebelumnya pada April 2008 477.000 unit Fox karena bermasalah pada bangku penumpang belakang. Masih pada tahun yang sama, Desember, sebanyak 120.000 unit terdiri dari model Novo Gol, Voyage, dan Fox karena sistem rem.

Di sisi lain, pada 2009 lalu VW Brasil berencana berinvestasi senilai 3,5 miliar dollar AS secara bertahap hingga 15 tahun ke depan. Perusahaan juga menargetkan penjualan sejuta unit pada 2014 mendatang. Volkswagen do Brasil Ltda merupakan anak perusahaan VW di Jerman yang mulai beroperasi sejak 1953.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com