BCA Finance Kucurkan Dana Rp13 Triliun untuk Kredit Mobil

Kompas.com - 03/03/2010, 15:39 WIB
Editorbastian

JAKARTA, KOMPAS.com - Kondisi pasar otomotif nasional yang mulai membaik, jelas memberi keuntungan bagi perusahaan pembiayaan. Salah satunya, PT BCA Finance yang kebanjiran pesanan dan tahun ini menargetkan pengucuran dana untuk pembiayaan kredit mobil Rp13 triliun, naik dari periode 2009 yang 11,7 triliun.

Dari total target, komposisi mobil baru masih mendominasi hingga 80 persen, sementara untuk mobil bekas 20 persen atau Rp2,6 triliun. Pada tahun lalu, BCA Finance berhasil menggelontorkan uang Rp11,7 triliun lebih sedikit dari target yang ditentukan Rp12 triliun.

K.A Wibowo, Regional Manager BCA Finance mengatakan peningkatan itu sejalan dengan pasar otomotif di Tanah Air yang menguat. "Permintaan mobil baru naik, tentu juga mendorong kenaikan demand di mobil bekas. Kami cukup optimis tahun ini akan mencapai target," ujar Wibowo di Jakarta, Rabu (3/3/2010).

Wibowo menambahkan, khusus di pasar mobkas target permintaan digenjot dari posisi tahun lalu yang hanya Rp2 triliun. Bursa Mobkas WTC Mangga Dua akan mengontribusikan sekitar 10 persen atau senilai Rp250 miliar dari total target.

Tahun ini, lanjutnya, bunga kredit mobkas di BCA Finance ditawarkan pada level 8 persen dan efektif di level 14-15 persen. Sementara terkait kredit macet (non performing loan/NPL), risiko pembiayaan mobkas sedikit lebih tinggi dibandingkan dengan mobil baru.

"NPL kita untuk mobil bekas berada di kisaran 1 persen saja, masih kecil dan sehat karena situasi memang bagus," tukas Wibowo.

Seperi diketahui, komposisi pembelian mobil baru di pasar nasional masih didominasi lebih dari 70 persen dari kredit. Pasar mobil yang bergairah otomatis menyeret bisnis pembiayaan ke arah positif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.