Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hatta: Moodys Soroti Indonesia

Kompas.com - 14/04/2010, 10:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Lembaga pemeringkat bertaraf internasional, Moody's Investors Service, anak usaha Moody's Corporation, menyoroti Indonesia. Menurut Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Moody's tengah menyoroti Indonesia setelah keinginan Indonesia masuk dalam investment grade.

Hatta menjelaskan, Moody's akan menilai kebijakan pembangunan infrastruktur serta konsep pembangunan Indonesia ke depan. "Saya kira memang sesuatu yang perlu dijelaskan bahwa kita bergerak ke depan dan terus memperbaiki infrastruktur," ujar Hatta di kantornya, Selasa (13/4/2010).

Mantan Menteri Sekretaris Negara itu yakin, pihak Moody's juga melihat Indonesia semakin maju dari sisi pertumbuhan ekonomi dan selanjutnya bisa masuk ke dalam investment grade.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menargetkan Indonesia bisa masuk ke level investment grade dalam kurun waktu satu tahun ke depan. Sri Mulyani optimistis lantaran lembaga pemberi rating dunia menilai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan kondisi makro-ekonomi Indonesia semakin sehat.

Selain itu, memberi kemudahan dalam investasi, seperti insentif di sektor perpajakan, lalu meningkatkan pembangunan infrastruktur serta memperbaiki laporan keuangan pemerintah pusat maupun daerah juga bisa menjadi pendorong Indonesia masuk dalam investment grade.

Namun, Hatta enggan menjawab saat ditanya apakah Indonesia sudah siap masuk investment grade tahun depan. "Jangan ngomong itu dululah, " ucap Hatta. (Hans Henricus/Kontan)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com