Hatta: Moodys Soroti Indonesia

Kompas.com - 14/04/2010, 10:44 WIB
EditorEdj

JAKARTA, KOMPAS.com — Lembaga pemeringkat bertaraf internasional, Moody's Investors Service, anak usaha Moody's Corporation, menyoroti Indonesia. Menurut Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa, Moody's tengah menyoroti Indonesia setelah keinginan Indonesia masuk dalam investment grade.

Hatta menjelaskan, Moody's akan menilai kebijakan pembangunan infrastruktur serta konsep pembangunan Indonesia ke depan. "Saya kira memang sesuatu yang perlu dijelaskan bahwa kita bergerak ke depan dan terus memperbaiki infrastruktur," ujar Hatta di kantornya, Selasa (13/4/2010).

Mantan Menteri Sekretaris Negara itu yakin, pihak Moody's juga melihat Indonesia semakin maju dari sisi pertumbuhan ekonomi dan selanjutnya bisa masuk ke dalam investment grade.

Sebelumnya, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menargetkan Indonesia bisa masuk ke level investment grade dalam kurun waktu satu tahun ke depan. Sri Mulyani optimistis lantaran lembaga pemberi rating dunia menilai Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan kondisi makro-ekonomi Indonesia semakin sehat.

Selain itu, memberi kemudahan dalam investasi, seperti insentif di sektor perpajakan, lalu meningkatkan pembangunan infrastruktur serta memperbaiki laporan keuangan pemerintah pusat maupun daerah juga bisa menjadi pendorong Indonesia masuk dalam investment grade.

Namun, Hatta enggan menjawab saat ditanya apakah Indonesia sudah siap masuk investment grade tahun depan. "Jangan ngomong itu dululah, " ucap Hatta. (Hans Henricus/Kontan)



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X