KA Parahyangan Bakal Tinggal Kenangan

Kompas.com - 16/04/2010, 11:37 WIB
EditorEdj

BANDUNG, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia akan menghapus semua jadwal perjalanan KA Parahyangan jurusan Bandung-Jakarta mulai 27 April 2010. Sebagai gantinya, PT KA hanya akan mengoperasikan KA Argo Gede.

Vice President Pemasaran Angkutan Penumpang Husein Nurroni di Bandung, Jawa Barat, Jumat (16/4/2010), mengatakan, keputusan penghapusan semua jadwal perjalanan KA Parahyangan itu dilakukan setelah melakukan kajian cukup lama dan telah dicoba dengan diskon tarif. Namun, hasilnya, okupansi penumpang masih rendah, yakni di bawah 50 persen.

Rendahnya okupansi KA Parahyangan itu berlaku baik untuk pemberangkatan Bandung maupun Jakarta. KA itu hanya penuh pada week end. Dalam koridor jarak pendek Bandung-Jakarta memang waktu tempuh KA lebih lama daripada Jalan Tol Cipularang meskipun pada jam-jam sibuk tentu waktu tempuh KA masih unggul.

"Untuk perubahan jadwal itu, PT KA akan melakukan rescheduling untuk KA Argo Gede, bila perlu dengan diskon tarif pada jam-jam tertentu. Argo Gede akan melayani penumpang di Cimahi, Padalarang, Purwakarta, Bekasi, dan Jatinegara," katanya.

Ia menyebutkan, ke depan, setelah melakukan rescheduling akan dilakukan penambahan rangkaian kereta bisnis pada jam-jam tertentu untuk mengakomodasi penumpang kelas bisnis di KA Parahyangan.

Sementara itu, rangkaian KA Parahyangan itu akan dipakai untuk melakukan ekpansi dengan mengoperasikan KA Malabar jurusan Bandung-Malang PP mulai 30 April 2010 untuk memenuhi kebutuhan konsumen di jalur itu. "Jalur Bandung-Malang cukup unik karena satu rangkaian terdiri atas kelas lengkap, yakni KA eksekutif, bisnis. ekonomi plus, dan kereta barang," kata Nurroni.

KA Malabar, yang terdiri atas dua kelas eksekutif, tiga bisnis, dua ekonomi plus, dan satu KA barang, rencananya diberangkatkan dari Stasiun Bandung pukul 15.30 dan tiba di Stasiun Malang pukul 08.11.

Sementara KA Malabar pemberangkatan dari Stasiun Malang pukul 13.30 dan tiba di Stasiun Bandung pukul 08.37.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X