Belanja Iklan Tahun Ini Diramal Naik 20 Persen

Kompas.com - 20/04/2010, 12:45 WIB
Editorksp

JAKARTA, KOMPAS.com — Total belanja iklan di Indonesia pada tahun 2010 diperkirakan akan melonjak sekira 19 atau 20 persen dibandingkan tahun lalu yang mencapai Rp 48,5 triliun. Demikian disampaikan Ika Jatmikasari, selaku Associate Director Nielsen Media Indonesia, di sela-sela jumpa pers di kantornya, Mayapada Tower, Jakarta, Selasa (20/4/2010).

"Terakhir naik 19 persen pada tahun 2009 dibandingkan tahun 2008. Untuk tahun ini paling sama, bisa 19 atau 20 persen," kata Ika.

Menurut Ika, kenaikan belanja iklan tersebut bakal ditopang oleh musim pertandingan sepak bola pada kuartal II tahun ini. Diperkirakan, pengiklan akan memanfaatkan ajang tersebut untuk memasang iklan, terutama di kategori makanan dan minuman. 

"Kalau ada event misalnya bola, pengiklan akan banyak beriklan, terutama untuk food and beverages. Tergantung sumbangannya seperti apa," jelas Ika.

Tahun lalu, total belanja iklan di Indonesia mencapai Rp 48,5 triliun. Dari jumlah tersebut, belanja iklan di media televisi mencapai Rp 29 triliun, sekitar Rp 16 triliun beriklan di koran, dan lebih dari 1 persen di majalah. Kategori teratas di 2009 ditempati telekomunikasi Rp 3,8 triliun, diikuti pemerintahan dan politik dengan belanja iklan Rp 3,6 triliun. "Tahun lalu ditopang oleh pemilu, jadi banyak iklan di kategori pemerintahan dan politik," papar Ika.



Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X