Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wow! Tiket 'The Last Parahyangan' Ludes

Kompas.com - 26/04/2010, 15:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Kereta Api Parahyangan terakhir yang akan berangkat dari Stasiun Gambir, Jakarta, Senin (26/4/2010), benar-benar diburu. Petugas loket penjualan tiket mengatakan, untuk seluruh tiket kelas eksekutif sudah habis terjual.

Tiket yang tersedia sebanyak 100 tempat duduk. Sedangkan untuk kelas bisnis, dari 256 tempat duduk yang tersedia, hanya tersedia 22 tempat duduk hingga satu jam sebelum keberangkatan. "Iya ni, biasanya Senin sepi. Sekarang rame. Mau mengenang Parahyangan kayaknya," kata petugas penjaga loket yang tampak sibuk melayani calon penumpang.

Di loket penjualan pun dipasang pengumuman bahwa tiket untuk keberangkatan sore ini sudah habis terjual. Salah seorang penumpang, Rani, akhirnya membeli kereta api kelas bisnis. Semula, ia dan rekannya ingin membeli tiket eksekutif. "Ya sudahlah, bisnis juga enggak apa-apa. Pengin ngerasain Parahyangan terakhir," kata Rani yang pernah mengalami bolak-balik Bandung-Jakarta saat kuliah di Kota Kembang lima tahun lalu.

Rani juga sempat mengungkapkan penyesalan atas keputusan PT KA menutup operasional KA Parahyangan. Meskipun akhirnya diambil langkah menggabung Parahyangan dengan Argo Gede dan mengubahnya menjadi Argo Parahyangan, menurut Rani, hal itu dinilai menghilangkan histori kereta api yang menjadi cikal bakal kereta api Bandung-Jakarta tersebut.

Dalam perjalanan terakhir ini, puluhan orang yang tergabung dalam Indonesia Railways Preservation Society juga mengadakan farewell trip. Di atas kereta, mereka menggelar sejumlah acara untuk memaknai kehadiran KA Parahyangan yang telah beroperasi sejak tahun 1971.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com