Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dow Jones Melorot karena Portugal

Kompas.com - 05/05/2010, 22:03 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Pada periode awal perdagangan, Rabu (5/5/2010), indeks The Dow Jones Industrial Average melorot 0,5 persen. Indeks blue chip tergerus 100 poin, The S&P 500 index kehilangan 8 poin atau 0,6 persen, dan The Nasdaq composite jatuh 23 poin atau 1 persen.

Hal ini disebabkan kekhawatiran investor terhadap lembaga pemeringkat internasional Moody`s yang diduga akan menurunkan peringkat keuangan Portugal. Bila peringkat Portugal diturunkan, maka pelaku pasar memperkirakan krisis di Eropa akan makin melebar.

Lembaga pemeringkat Moody's dalam rilisnya, Rabu, memang menyatakan sedang mengkaji kemungkinan untuk menurunkan peringkat Portugal.

Selasa kemarin, pasar uang juga digoncang oleh rumor bahwa Spanyol sedang menegosiasikan dana talangan dengan Dana Moneter Internasional (IMF). Hal ini terjadi meski rumor tersebut sudah dibantah oleh pejabat Pemerintah Spanyol dan IMF.

Namun, menurut Philip Isherwood dari Evolution Securities di London, kondisi di Spanyol masih belum jelas. Banyak investor juga mengkhawatirkan bahwa Spanyol sebagai negara dengan perekonomian terbesar keempat di Spanyol dapat terjerembab mengikuti Yunani. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com