Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengganti Sri Mulyani Harus Pro-Rakyat

Kompas.com - 09/05/2010, 13:44 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Desas-desus wacana mengenai pengisi jabatan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati terus bergulir. Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah Syafii Maarif memiliki sebuah syarat mutlak yang mesti dimiliki oleh pengganti Sri Mulyani, siapa pun orangnya.

"Penggantinya harus pro-rakyat. Itu saja," kata Syafii Maarif saat ditemui seusai memberi ceramah dalam diskusi bertajuk "Transisi Menuju Demokrasi" di Kolese Kanisius, Jakarta, Minggu (9/5/2010).

Meski banyak calon yang mengemuka, Buya mengatakan tidak mempersoalkan siapa sosok yang paling tepat. Ia menilai, masalah latar belakang, apakah dari kalangan profesional atau politisi, yang paling utama justru dari aspek kebijakannya yang mementingkan kebutuhan rakyat banyak.

Saat ditanya mengenai kepergian Sri Mulyani karena harus menjabat di Bank Dunia, Syafii enggan banyak berkomentar. Ia menilai ada banyak hal yang terjadi sehingga tidak bisa dinilai begitu saja. "Saya tidak banyak mengerti. Saya tidak tahu mengapa begitu. Saya tidak bisa katakan ini begini, ini begitu," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com