Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Carrefour Indonesia, Milik Indonesia

Kompas.com - 31/05/2010, 14:21 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Komisaris Para Grup Chairul Tanjung menegaskan, ritel modern Carrefour sudah menjadi milik Indonesia sejak diakuisisi bulan lalu oleh perusahaan miliknya.

Dengan demikian, menurutnya, kisruh antara pasar tradisional dan ritel modern tak perlu dipermasalahkan panjang lebar. Sebab, dirinya berniat melakukan sinergi antara keduanya melalui akuisisi 90 persen saham Carrefour oleh TransCorp, anak perusahaan Para Grup.

"Carrefour sudah milik kita," tuturnya dalam pembukaan Bazaar dan Pojok Rakyat di Carrefour Lebak Bulus, Senin (31/5/2010).

Chairul Tanjung mengatakan, sulit bagi perusahaan ritel yang tidak diakuisisi sahamnya secara dominan untuk berpihak kepada usaha mikro, kecil, dan menengah.

Chairul mengakui terdapat konsekuensi-konsekuensi ketika memutuskan mengakuisisi Carrefour. Namun, dirinya melihat potensi besar dari Carrefour di Indonesia sebagai salah satu perusahaan ritel terbesar di Indonesia karena memegang peranan kunci dan penting, terutama dalam pemenuhan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia.

"Akan sangat tidak baik kalau jaringan ritel di Indonesia itu tidak dikuasai oleh diri kita sendiri. Oleh karena itu, kepemilikan Carrefour ini dibuat sedemikian rupa agar keberadaannya punya manfaat sebesar-besarnya bagi bangsa kita," katanya.

Chairul ingin menjadikan Carrefour sebagai alat untuk menyejahterakan petani, peternak, dan pedagang Indonesia sebagai jalur distribusi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com